PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE RTE (ROTATING TRIO EXCHANGE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH CAHAYA PENGHARAPAN ABADI

Authors

  • Yohanna Syntia Malau STKIP Pangeran Antasari
  • Sri Ramadhani STKIP Pangeran Antasari

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.20052

Keywords:

Cooperatif Learning, Rotating Trio Exchange, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian yaitu untuk menguji pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di Sekolah Cahaya Pengharapan Abadi. Metode dalam penelitian ini yaitu metode Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitaif. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas VI di Sekolah Cahaya Pengharapan Abadi pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa, yakni rata-rata perbedaan sebesar 7.000. Nilai t yang diperoleh adalah 6.599, denganntingkatlsignifikansi 0.001 (< 0.05), yang mengindikasikan bahwa perbedaan tersebut tidak terjadi secara kebetulan, melainkan merupakan efek nyata dari penerapan metode RTE. Hasil ANOVA juga mendukung temuan ini, dengan nilai signifikansi 0.001 (< 0.05), menandakan adanya perbedaan signifikan dalam nilai peserta didik. menerapkan Model Pembelajaran RTE mampu mengembangkan keterlibatan aktif siswa dalam mengikuti proses pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu pada Sekolah Cahaya Pengharapan Abadi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, Rai, Kendek, Yusuf, Kamaluddin, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMA Negeri 1 Palu. Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/11069/9291

Baber, H. (2020). Determinants of Students’ Perceived Learning Outcome and Satisfaction in Online Learning during the Pandemic of COVID19. Journal of Education and E-Learning Research, 7, 285–292. https://doi.org/10.20448/journal.509.2020.73.285.292

Dahliati, D., Royani, I., & Safnowandi, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII. Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(1 SE-Articles), 6–19. https://doi.org/10.36312/ejiip.v3i1.146

Febrianti, N., Wahyuni, S., & Muliana, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange Dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Metakognitif Dan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 13 Bone. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(4), 483–493. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/view/17633

Hasanah, N., Edy Nurtamam, M., & Hanik, U. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN PINGGIR PAPAS 1 SUMENEP. Widyagogik : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6, 112. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v6i2.5195

Kumar, M., & Yuhasriati, dan. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) pada Materi Peluang di Kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(2), 8–14.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Repository UIN Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19091

Pratama, I. P. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Di Sdn 1 Tanjung Ali. Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal, 5(2), 61–70. https://doi.org/10.51729/5214

Yuni, R. (2023). Upaya peningkatan hasil belajar IPA menggunaan metode diskusi pada siswa kelas VII. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 8(1), 83.

Downloads

Published

2024-12-28