PENINGKATAN KREATIVITAS PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR

Authors

  • Hadijah PIAUD Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Suyadi PIAUD Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19995

Keywords:

Kreatvitas, Kegiatan Menggambar

Abstract

Studi ini menyelidiki bagaimana kegiatan menggambar membantu anak-anak usia lima hingga enam tahun meningkatkan kreativitas mereka. Kegiatan yang dipilih didasarkan pada kebutuhan dan karakteristik anak-anak pada usia ini, yang mana pada usia ini anak-anak ini masih dalam tahap bermain dan meniru. Penelitian ini sangat relevan dengan pendidikan anak usia dini karena penelitian ini mengkaji apakah program sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, penelitian ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi menggambar membantu anak menjadi lebih kreatif. Studi ini berfokus pada metode untuk meningkatkan kreativitas anak. Proses penggalian data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ketiga teknik tersebut mengarahkan peneliti untuk bersentuhan secara langsung dengan fenomena yang ada di lapangan. Data yang telah dianalisis kemudian disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa guru menggunakan strateginya untuk membiasakan anak dengan kegiatan tersebut. Karakteristik individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua anak didik berkembang sesuai harapan (BSH). Mengikuti kegiatan menggambar akan membangkitkan kepercayaan diri anak untuk menemukan cara dan polanya sendiri untuk menyelesaikan tugas menggambar. (1) Mengajak anak didik untuk belajar di luar kelas, (2) memberikan materi yang mudah dipahami oleh anak didik, dan (3) menerapkan tindakan pengawasan, bantuan, dan pendampingan adalah semua langkah yang diperlukan untuk mencapai pembiasaan. Selanjutnya, hasil belajar diukur melalui penilaian portofolio. Teknik ini dianggap dapat mengukur tingkat keberhasilan anak setiap hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akdon & Ridwan. (2010). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika Cetakan Kedua. Alfabeta.

Clabough, E. (2019). Second nature: How parents can use neuroscience to help kids develop empathy, creativity, and self control.

Danim, S. dan K. (2011a). Psikologi Pendidikan (dalam Perspektif Baru). Alfabeta.

Danim, S. dan K. (2011b). Psikologi Pendidikan (dalam Perspektif Baru). Alfabeta.

Djamarah, S. B. dan A. Z. (2013). Srategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan kreativitas anak usia dini. Wacana Didaktika.

Hamdani, A. S. (2002). Pengembangan Kreativitas. Pustaka As-Syifa.

Hartani. (2011). Manajemen Pendidikan. pressindo.

I Gusti Ayu Diah Yuniari. (2021). Peningkatan Kreativitas Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggambar Di Taman Kanak-Kanak Widya Kumara Desa Werdi Bhuwana Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Lily Yuntina. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Kelompok B melalui Kegiatan Mewarnai Gambar di RA Al Muta A’limin Jati Rahayu Kota Bekasi Tahun Pelajaran 2016/2017.

Mursid, M., & A. (2021). Perlibatan Orang Tua Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Di Kb Tunas Bangsa DS. Gondang KEC. Subah KAB. Batang. Pelangi: Jurnal Pemikiran.

Musfiqon dan Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Nizamia Leraning Centre.

Mustofa, B. (2008). Metode Menulis Skripsi dan Tesis.

Olivia, F. (2013). Gembira Bermain Coret-Coret. PT Elex Media Komputindo.

Pratitis, N., Ashari, A., & Hetharia, W. (2019). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mewarnai. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 3(3).

Rahmawati, B., Ratnasari, E. M., & Suryadi, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai. Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education: IJIGAEd, 1(1), 73–79.

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group.

Sari, R. P. (2017). Kreativitas bermain anak usia dini. Jurnal Pusaka: Media Kajian Dan Pemikiran Islam.

Sarwono. Sarlito. (2017). Pengantar Psikologi Umum. Rajawali Pers.

sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usias Dini (Konsep Dan Teori). PT Bumi Aksara.

Suyatmi. (2014). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Menggambar Pada Anak Kelompok A di TK ABA NGABEAN 2. universitas negeri yogyakarta.

Syafaruddin & Herdianto. (2011). Pendidikan Pra Sekolah. Perdana Publishing.

Utama, D. (2018). Jurnal Pendidikan Dwijaya Utama: Edisi Agustus 2018 Jurnal Pendidikan. sang surya media.

Yeni Rahmawati dan Euis Kurniati. (2010). Strategi Pengembangan

Downloads

Published

2024-12-28