MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19993Keywords:
Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Keaktifan Belajar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk melihat peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 11 siswa laki-laki dan 16 siswa Perempuan. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan 2 siklus, dengan hasil penelitian keaktifan belajar terjadi peningkatan mulai dari pra siklus sebesar 22,2%, di siklus I 40,7%, dan di siklus II 77,8%. Kemudian, hasil belajar juga terlihat mengalami peningkatan. Pada pra siklus terdapat 8 (29,6%) siswa, pada siklus I terdapat 18 (66,6%) siswa, dan siklus II terdapat 22 (81,4%) siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran ini dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar dan hasil belajar siswa kelas IV juga meningkat.Downloads
References
Cindy, J., Clariza, A., Bahtiar, R. S., & Santoso, E. (2024). Implementasi Teams Games Tournament Pada Perbandingan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Journal Of Science and Education Research, 3(2).
Fauzi, A., & Masrupah, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Ngaos: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 10–20. https://doi.org/10.59373/ngaos.v2i1.7
Hartanto, H., & Mediatati, N. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3224–3252. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2928
Khasanah, S. N., & Aswar, N. (2024). Implementasi Model Teams Games Tournaments dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Konsepsi, 14(1), 36–53.
Lestari, P. T., Sudibyo, E., Aulia, V., Ipa, J., Matematika, F., Ilmu, D., Alam, P., & Surabaya, U. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 11(1), 16–21. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa
Merentek, R. M., Perori, Y. A., & Monigir, N. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Teams Game Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(23), 656–664.
Nurhuda, I. F., Pratiwi, V. U., & Antana, A. S. (2024). Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Pada Kelas IV SD Negeri Pengkol 01. Jurnal Ilmiah Dasar, 09(03), 608–615. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18700
Putri, P. O. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Team Game Tournament ( TGT ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Intersection, 4(2), 8–16.
Rahayuni, N. L., Abadi, I. B. G. S., & Wiarta, I. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IV SD Gugus I Kuta Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jabi.v2i1.28902
Teranikha, E., Fatonah, S., & Saputro, S. A. (2024). Penggunaan Model Teams Games Tournament untuk meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(April), 24–29.
Wahidah, C. N., & Kristin, F. (2023). Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament ( TGT ) Dikelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 378–388.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.