TRANSAKSI DIGITAL: ANALISIS PENGGUNAAN PLATFORM DIGITAL E- COMMERCE TERHADAP KEMUDAHAN PEMBELIAN MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS MATARAM

Authors

  • Khozin Arif Amrulloh Amrulloh Universitas Mataram
  • Dony Jayeswara Universitas Mataram
  • Liza Azhari Universitas Mataram
  • Oktavia Azhari Universitas Mataram
  • Mawadah Islamiyah Universitas Mataram
  • Eti Sulastri Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.19978

Keywords:

pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data mahasiswa FKIP Universitas Mataram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana platform digital E-Commerce ini memberikan kemudahan terhadap mahasiswa FKIP Universitas Mataram dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa FKIP Universitas Mataram dalam melakukan pembelian melalui platform digital E-Commerce. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan instrument penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian pada penelitiam ini adalah mahasiswa FKIP Universitas Mataram dimulai dari semester satu, tiga, lima, tujuh, Sembilan dan penelitian ini menggunakan tekhnis analisis data berupa reduksi data, analisis data dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa platform digital e-commerce ini memberikan kemudahan pembelian terhadap mahasiswa FKIP Universitas Mataram dilihat dari kemudahan berupa aksesnya yang mudah dan cepat serta tersedianya beragam produk yang bisa dipilih oleh pembeli dan faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa FKIP Universitas Mataram dalam melakukan pembelian di e-commerce diantaranya: perbedaan harga, review barangnya, iklan, diskon dan metode pembayarannya yang mudah. Kata kunci: Platform Digital, E-Commerce, Kemudahan, Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dony Jayeswara, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kwarganeganegaraan, Universitas Mataram

Liza Azhari, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kwarganegaraan, Universitas Mataram

Oktavia Azhari, Universitas Mataram

Program Studi pendidikan Pancasila dan Kwarganegaraan, Universitas Mataram

Mawadah Islamiyah, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kwarganegaraan, Universitas Mataram

Eti Sulastri, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kwarganegaraan, Universitas Mataram

References

Akbar, A., & Irfani, I. (2022). Analisis Pemanfaatan Digital Marketing terhadap Penjualan Produk UMKM di Kabupaten Wajo. Jurnal Mirai Management, 7(2), 226-232.

Dristyan, F., Mardalius, M., & Meri, M. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Toko Online untuk UMKM. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 2(2), 144-149.

Handayani, N. L. P., & Soeparan, P. F. (2022). Peran Sistem Pembayaran Digital Dalam Revitalisasi UMKM. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 1(3), 20-32.

Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif.

Hartawan, E., Liu, D., Handoko, M. R., Evan, G., & Widjojo, H. (2021). Pengaruh Iklan Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada E-Commerce. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1).

Haryanto, D. J., Muflikhah, L., & Fauzi, M. A. (2018). Analisis sentimen review barang berbahasa Indonesia dengan metode support vector machine dan query expansion. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(9), 2909-2916.

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46

Ishak, K. (2017). Penetapan Harga Ditinjau Dalam Persepektif Islam. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 6(1), 35-49.

Lidwina, A. (2019). Infografik: Indonesia Pasar Terbesar E-Commerce di Asia Tenggara. Diperoleh dari https://katadata.co.id/ariayudhistira/infografik/5e9a503b449cd/ infografikindonesia-pasar-terbesar-e-commerce-di-asia-tenggara.

Lukitaningsih, A. (2013). Iklan yang efektif sebagai strategi komunikasi pemasaran. Jurnal ekonomi dan kewirausahaan, 13(2), 116-129.

Rahayu, D. W. S. (2019). Penerapan Diskon Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Di Matahari Departement Store Kediri Town Square. AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 11(2), 42-51.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.

Safina, L. A., Salsabila, H. A., Ammarullah, N., Marpaung, S. A., Nugroho, R. H., & Ikaningtyas, M. (2024). Implementasi Strategi E-Commerce dalam Perencanaan Bisnis Digital. MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 60-68.

Sibuea, A. R., & Sukma, E. (2021). Analisis langkah-langkah pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar menurut para ahli. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2344-2358.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2009.

Sugiyono. (2013). Metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif. Alfabeta

Wibisana, I. K. S., Artana, I. M., & Alam, H. S. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK FASHION DI HUNGRY THURSDAY. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(5), 3314-3322.

Downloads

Published

2024-12-27