ANALISIS CARA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS V DI SDN 2 LALAR LIANG

Authors

  • Vila Aulia Universitas Mataram
  • I Nyoman Karma Universitas Mataram
  • Lalu Wira Zain Amrullah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19930

Keywords:

Kesulitan Membaca, Cara Guru

Abstract

Membaca adalah salah satu aspek penting dalam pendidikan dasar. Guru memiliki peran kunci dalam membantu siswa mengatasi kesulitan membaca, baik melalui pengajaran langsung maupun dengan menggunakan pendekatan yang inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana cara guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa dalam mengatasi kesulitan belajar membaca siswa guru menggunakan tujuh langkah yang terdiri dari (1) Mengidentifikasi siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar, (2) Menentukan Letak kesulitan belajar siswa, (3) Mengidentifikasi faktor penyebab kesulitan belajar, (4) Memperkirakan alternatif pertolongan bagi siswa berkesulitan belajar, (5) Menetapkan kemungkinan teknik mengatasi kesulitan belajar, (6) Pelaksanaan pemberian pertolongan siswa berkesulitan belajar, (7) Tindak lanjut siswa berkesulitan belajar.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basuki, Sulistyo. (2006). Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6).

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodelogi Penelitian.

Karma, I. N., Nisa, K., Widodo, A., Amrullah, L. W. Z., & Syazal, M. (2022). Pendampingan dan Pelatihan Tentang Cara Penanganan Kesulitan Belajar Siswa Pada Guru SDN 4 Bajur Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4).

Susilawat, W. O., Friska, S. Y., & Rohmawanti. (2023). Pengembangan Asesmen Diagnostik Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2)

Wahyun, S., & Muliati, F. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca, Menulis Dan Menghitung Melalui Remedial Teaching Bagi Anak Tunagrahita Ringan Di Wisma Paulo 6 Yayasan Bhakti Luhur Malang. Jurnal Pelayanan Pastoral, 3(1).

Downloads

Published

2024-12-13