PENGARUH PERMAINAN RAINBOW BALL TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA DESA NGARUM

Authors

  • Izzah Salsabila Rohmah Universitas Muhammdiyah Surabaya
  • Naili Sa’ida Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Nina Veronica Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Endah Hendarwati

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.19853

Keywords:

Anak Usia Dini, Kemampuan Numerasi, Permainan Rainbow Ball

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh permainan Rainbow Ball terhadap kemampuan numerasi anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita. populasi dalam penelitian ini anak-anak di TK Dharma Wanita. Sampel dalam Penelitian 12 anak TK A di TK Dharma Wanita, metode dalam penelitian kuantitatif dengan design one group pretest dan posttest, teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon test dengan Nilai signifikan 5% dengan N=12 maka nilai Ttabel adalah 14. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua subjek mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari pencapaian aspek numerasi pada posttest. Sehingga dapat dilihat bahwa nilai Thitung = 0 dan Ttabel = 14, sehingga Thitung < Ttabel. Artinya, Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian disimpulkan media permainan Rainbow Ball memberikan pengaruh yang positif terhadap perkembangan numerasi anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita. Hal ini dapat dilihat dari aspek numerasi yang bertambah setelah bermain permainan Rainbow Ball selain itu, anak-anak juga belajar untuk mandiri dan berani maju ke depan untuk bermain permainan Rainbow Ball.   Kata Kunci: Anak usia dini, Kemampuan Numerasi, Permainan Rainbow Ball.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjani, L., Solfiah, Y., & Nurlita, N. (2023). Analisis Kemampuan Numerasi Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina 3 Pekanbaru. Innovative: Journal Of Social Science Research. 3(5), 10018-10029.

Ashadi, F. (2022). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Di Tk Al Ihsan Banyuwangi. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 6(1), 113-123.

Audina, R., Setyaningsih, K., & Fitri, I. (2022). Pengaruh media permainan ular tangga terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di Tk Dharma Wanita Pampangan Oki. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 295-304.

Clements, D. H., & Sarama, J. (2016). Math, Science, and Technology in Early Childhood Education In L. J. Couse & S. L. Recchia (Eds.), Handbook of Early Childhood Teacher Education. Routledge.

Dwiredy, M., & Qalbi, Z. (2021). Pengaruh Permainan Teka-Teki Gambar Terhadap Perkembangan Kognitif Anak. Research in Early Childhood Education and Parenting, 2(1).

Filtri, H. (2023). Peran Orangtua Dalam Pengembangan Literasi Numerasi Pada Anak Usia Dini. Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2).

Hazimah, G. F., & Sutisna, M. R. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Tingkat Pemahaman Numerasi Siswa Kelas 5 SDN 192 Ciburuy. eL- Muhbib jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar, 7(1), 10-19.

Hasni, U., Alim, K., Febriyanti, E., Ramadani, D. T., & Nasution, P. E. (2024). Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Numerasi Sebagai Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Anak Usia 6 Tahun di SDN 065 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 3(1), 1-7.

Irianti, D. P., Kurniawati, T., Wahono, W., Abidin, R., & Saida, N. (2023). Pengaruh Cerita Tubuhku Milikku dengan Wayang Ranti terhadap Pendidikan Seksual Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Education Research, 4(3), 1101-1107.

Kurnia, R. (2022). Model Pembelajaran Numerasi Berbahan Alam untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Awal di TK Hajar Aswad Makassar. EDUKIDS: Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 70-80.

Marsudi, K. E. R., Irawati, A. A., Nurhidayati, D., & Saputri, T. M. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Pada Anak Melalui Bimbingan Belajar Di Desa Sawoo Kabupaten Ponorogo. MESTAKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 254-260.

Muloke, I. C., Ismanto, A. Y., & Bataha, Y. (2017). Pengaruh alat permainan edukatif (puzzle) terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di desa linawan kecamatan pinolosian kabupaten bolaang mongondow selatan. Jurnal Keperawatan, 5(1).

Novrinda, N., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2017). Peran orangtua dalam pendidikan anak usia dini ditinjau dari latar belakang pendidikan. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 39-46.

Pertiwi,D. A., Fitroh, S. F., & Mayangsari, D. (2018). Pengaruh permainan tradisional engklek terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Jurnal PG- PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 86-100.

Putri Maulida, H., Badruli, M., & Aristiana PR, A. P. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Berhitung Permulaan Pada Anak Usia 4-5 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14 Surabaya. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 116-129.

Saputra, A. (2018). Pendidikan anak pada usia dini. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 192-209.

Sunaengsih, C. (2016). Pengaruh media pembelajaran terhadap mutu pembelajaran pada sekolah dasar terakreditasi A. Mimbar sekolah dasar, 3(2), 183-190.

Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara.

Veronica, N. (2018). Permainan edukatif dan perkembangan kognitif anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49-55.

Yusra, R. A., Kurnia, R., & Nurlita, N. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Anak Usia 5-6 Tahun di TK Melayu Fathrizk Kids, Kota Pekanbaru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 5949-5958

Downloads

Published

2024-09-30