MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN GRAMMAR TRANSLATION METHOD(GTM) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS V SD NEGERI 106802 HELVETIA T. A 2024/2025
Keywords:
Grammar Translation Method, Hasil Belajar, Bahasa InggrisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 106802 Helvetia pada mata pelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan Metode Grammar Translation (GTM). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti metode pembelajaran yang monoton, kurangnya variasi, dan kurangnya media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi/penilaian, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus dengan lima tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan revisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan GTM dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Terjadi peningkatan nilai post-test yang signifikan dibandingkan dengan nilai pre-test. Sebanyak 96% siswa mencapai kriteria ketuntasan belajar, menunjukkan bahwa GTM efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris.Downloads
References
Afrida, Fira. 2021. “Pengembangan Buku Ajar Bahasa Inggris Kelas 3 MI/SD Berbasis Islami.” Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD 1: 93–104.
Amelia, Dita, and Mega Febriani Sya. 2024. “Penerapan Pendekatan Pengajaran Bahasa Komunikatif Di Kelas Bahasa.” 3: 8406–14.
Chakrabarty, Dipesh. 2018. “The Seventh History and Theory Lecture: Anthropocene Time.” History and Theory 57(1): 5–32.
Meylina, Meylina, and Allen Jufri. 2023. “Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar Melalui Audio- Lingual Method.” Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat) 3: 1–7.
Mulyani et al. 2023. STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS.
Nani, Nani, and Evinna Cinda Hendriana. 2019. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN 12 Singkawang.” Journal of Educational Review and Research 2(1): 55.
Nisa, Hanna, Mega Febriani Sya, Rachmah Amalia, and Alia Febriani. 2024. “Pendekatan Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar: The Grammar Traslation Method Dan The Direct Method.” Karimah Tauhid 3(5): 5397–5409.
https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/13213.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Tauhid, Karimah et al. 2024. “Penggunaan Dua Model Pembelajaran Bahasa Inggris the Direct Method Dan the Grammar.” 3: 5534–47.
Yuwono, Bagus et al. 2024. “Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Kelas Vi Sd Materi Simple Future Tense Melalui Metode Grammar Translation Method.” Jurnal Citra Pendidikan 4(1): 1504–14.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.