EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA RAK TELUR RAINBOW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN SISWA

Authors

  • Tesi Kumala Sari STKIP Pangeran Antasari
  • Mey Dermawani Sinaga STKIP Pangeran Antasari
  • Murni Angel Sinaga STKIP Pangeran Antasari

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19805

Keywords:

Problem Based Learning, rak telur rainbow, operasi hitung perkalian, pembelajaran matematika, model pembelajaran interaktif

Abstract

Penelitian ini menyelidiki efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media "Rak Telur Rainbow" dalam meningkatkan kemampuan perkalian siswa kelas III SD Cahaya Pengharapan Abadi. Model PBL dipilih karena kemampuannya untuk melibatkan siswa dalam pemecahan masalah nyata, sementara media "Rak Telur Rainbow" membantu visualisasi konsep perkalian. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan pretest-posttest pada dua kelompok: kelompok eksperimen menggunakan PBL dengan media "Rak Telur Rainbow", dan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan perkalian siswa pada kelompok eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model PBL dengan bantuan media "Rak Telur Rainbow" efektif dalam meningkatkan kemampuan perkalian siswa. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa PBL dan media "Rak Telur Rainbow" dapat meningkatkan minat, motivasi, dan kreativitas siswa dalam belajar operasi hitung. Media "Rak Telur Rainbow" membantu siswa dalam memahami konsep perkalian secara visual, sementara PBL mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah. Penelitian ini memiliki implikasi penting bagi para guru dan pendidik dalam memilih strategi pembelajaran yang efektif. Penggunaan model PBL dengan bantuan media yang menarik dan interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan efektif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustian, Niar, and Unik Hanifah Salsabila. 2021. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran.” ISLAMIKA 3: 123–33.

Amadi, Aunur. 2022. “Pendidikan Di Era Global: Persiapan Siswa Untuk Menghadapi Dunia Yang Semakin Kompetitif.” Educatio 17: 153–64.

Ardianti, Resti, Eko Sujarwanto, and Endang Surahman. 2022. “Problem-Based Learning: Apa Dan Bagaimana.” DIFFRACTION 3: 27–35.

Danis, Amir, and Andini Puspa Pratiwi. 2024. “Pengaruh Media Film Animasi Larva Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Pada Siswa Kelas IV SD Hang Tuah I Belawan Tahun Pembelajaran 2023/2024.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11(2): 221–29.

Hartini, Hartini. 2019. “Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Media Rak Telur Rainbow Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II SDN Ajung 02 Jember (Semester II Tahun Pelajaran 2017-2018).” ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 3(1): 66.

Husna, Hayatul. 2023. “Penerapan Model Pbl (Problem Based Learning) Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis.” Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (2022): 2177–88. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/793.

Maharani, Radhita et al. 2022. “Dampak Era Globalisasi Di Pendidikan (Pendidik Dan Peserta Didik).” Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan 9: 72.

Ratih, Ratna Dwi. 2020. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas II SDN Delegan 2.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 9(3): 1–11.

Safari, Yes, and Zira Putri Faradila. 2024. “Pentingnya Penguasaan Operasi Hitung Dasar Dalam Pemecahan Masalah Matematika.” Karimah Tauhid 3(8): 8373–80. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/14205/5590.

Takona, James P. 2023. “Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches / Sixth Edition.” Quality & Quantity 58: 1–3.

Tauhid, Karimah, Yusuf Safari, and Pina Nurhida. 2024. “Karimah Tauhid, Volume 3 Nomor 9 (2024), e-ISSN 2963-590X.” 3: 9817–24.

Trisna Rukhmana. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas Viii.” Edu Research 3(2): 19–27.

Downloads

Published

2024-12-28