PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM BERBASIS MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 068007 MEDAN TUNTUNGAN

Authors

  • Yoni Saragih Universitas Katolik Santo Thomas
  • Patri Janson Silaban Universitas Katolik Santo Thomas
  • Frida Simorangkir Universitas Katolik Santo Thomas
  • Reflina Sinaga Universitas Katolik Santo Thomas
  • Anton Sitepu Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19778

Keywords:

PAIKEM learning model based on graphic media, mathematics, learning outcomes

Abstract

This research aims to determine the effect of the PAIKEM learning model based on graphic media on student learning outcomes in mathematics lessons with data processing material in class V of SD Negeri 068007 Medan Tuntungan for the 2023/2024 academic year. This research was motivated by the low learning outcomes of students in class V of SD Negeri 068007 Medan Tuntungan which can be seen from the test scores. In this research, researchers used quantitative methods using experimental methods. The type of sample used in this research is saturated sampling. The research sample used was 22 class V students. Based on the research results, it shows that there is an influence of the PAIKEM learning model on student learning outcomes in mathematics subjects with data processing material for class V of SD Negeri 068007 Medan Tuntungan from testing the correlation coefficient of rcount (0.801) ≥ rtable (0.423) so it is concluded that the alternative hypothesis (Ha) accepted. Judging from the t test where tcount (7.774) ≥ttable (1.717), Ha is accepted. This shows that there is a significant positive influence between the PAIKEM learning model on student learning outcomes in mathematics subjects with data processing material in class V of SD Negeri 068007 Medan Tuntungan 2023/2024.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggriani, R. (2022). Analisis rendahnya prestasi belajar siswa pada muatan pokok mata pelajaran Matematika Kelas III di SDN 07 Sila Bima Tahun Pembelajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Anzelina, (2020). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar tema indahnya kebersamaan di kelas IV. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 344-349.

Aswan (2021). A Study Of The Implementation Of Paikem Learning Activities At Grade Ii Sdn Seroja. Sekolah Dasar, 10(3), 689-695.

Ausubel (2017). Hakikat belajar dan pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175-185.

Dimyati. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Tentang Persamaan Linear Satu Variabel Di SMP Negeri 14 Kota Bogor. Journal of Social Studies Arts and Humanities (JSSAH), 1(1), 06-11.

Edy, S., Anggraini, N. N., & ND, R. J. (2022). Proses Pembelajaran Matematika Menggubakan Media Jaring-Jaring Kubus Dan Balok. DedikasiMU: Journal of Community Service, 4(1), 95-100.

Faiza, N., Yusuf, W. F., Yusuf, A., & Kirom, A. (2024). Penggunaan Media Grafis Dalam Mempermudah Pemahaman Peserta didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas 1 Di MI Darut Taqwa Purwosari. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 10(1), 1-12.

Fauziah, N. S., & Sahlani, L. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Islamic Journal of Education, 2(1), 21-30.

Firdausi, U. Z. N. (2021). Belajar Online Jangan Asal Belajar. Sebuah Buku Tentang Covid-19, 2(1), 254-256

Gaol, B. K. L., Silaban, P. J., Hamalik & Sitepu, A. (2022). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V SD. Jurnal pajar (Pendidikan dan pengajaran), 6(3), 767-782.

Hanafiah, A. H. (2023). Pembelajaran menggunakan pendekatan paikem.

Hanifah, U. (2016). Penerapan model PAIKEM dengan menggunakan media permainan bahasa dalam pembelajaran bahasa Arab. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 5(2), 301-330.

Hasanah (2019). Pengaruh Model PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Baadia. Prosa: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 202-208.

Ihsan (2024). Tingkat Penguasaan Mekanika Teknik Dikaitkan Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bidang Hidrolika Pada Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(8), 14-19.

Jais, A. (2019). Penerapan strategi pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM). Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 4(1), 113-123.

Jamaluddin, M., Jamaluddin, Y. L., & Murni, Y. L. (2021). Penerapan Paikem Dalam Mata Pelajaran Fiqih Pada MTSN 5 Lhoong Aceh Besar. JURNAL AL-IRSYAD, 1(1), 78-79.

Jihad dan haris (2022). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V SD. Jurnal pajar (Pendidikan dan pengajaran), 6(3), 767-782.

Manshur, A., & Rodhi, A. (2020). Pengembangan Media Grafis dalam Pembelajaran. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, 2(2), 1-13.

Matulessy, Y., Guslauw, V., & Lumasina, S. (2021). Metode Pembelajaran Paikem Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Didaxei, 2(1), 158-159.

Nabilah, N. A., Wulandari, Y. N., & Pangertika, H. A. (2020). Studi Komparatif Hasil Belajar Matematika Siswa Berdasarkan Jurusan. Aritmatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 122-133.

Novia Ningsih (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Pakem Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Tematik. Jurnal Ilmiah Aquinas, 1(1), 66-71.

Nurdyansyah, N., & Fitriyani, T. (2018). Pengaruh strategi pembelajaran aktif terhadap hasil belajar pada Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1(2), 51-53.

Prastiyo, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Kooperatif Jigsaw Pada Materi Pecahan Di Kelas V SDN Sepanjang 2. CV Kekata Group.1(5), 49-54

Rizal, Marfu'ah, S., Zaenuri, Z., Masrukan, M., & Walid, W. (2022, February). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1(5), 50-54.

Rokhmaniyah (2021 :204). Kajian Literatur Media Pembelajaran Grafis dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 46-56.

Rokhmaniyah, Akbar, M. R., Mulyadi, M., & Shandi, S. A. (2021). Kajian Literatur Media Pembelajaran Grafis dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 46-56.

Rusman (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Paikem Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal ilmiah aquinas, 4(2), 203-213.

Sardiman A.M (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 3(2), 84-99.

Sari, Hasanah dan Sa'adah. (2023). Pengaruh Model PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Baadia. Prosa: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 202-208.

Sariani, N., Prihantini, M. P., Winarti, P., Indrawati, S. P. I., Pd, M., Jumadi, S. P. I., ... & Satria, R. (2021). Belajar dan pembelajaran. Edu Publisher, 1(5), 1-5

Silaban, P. J. (2015). Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbantuan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VI SD Methodist-12 Medan Tahun Ajaran 2014 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Silaban, P. J. (2017). Meningkatkan Motivasi Dan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Alat Peraga Montessori Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD ASSisi Medan. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 7(4), 502-511.

Silaban, P. J. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VI SD Negeri 066050 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Aquinas, 2(1), 107-126.

Silaban, P. J. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VI SD Negeri 066050 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Aquinas, 2(1), 107-126.

Silaban, P. J. (2019). Efektivitas Pembelajaran Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbantuan Alat Peraga Di Kelas Vi Sd Methodist-12 Medan Pada Kompetensi Dasar Luas Bangun Datar Sederhana. Jurnal Ilmiah Aquinas, 2(2), 175-199.

Silaban, P. J., & Hasibuan, A. (2021). Hubungan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Cat Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 48-59.

Silaban, P. J., Sinaga, B., & Syahputra, E. (2024). The Effectiveness Of Developing The Realistic Mathematics Education Based On Toba Batak Culture Learning Model To Improve The HOTS Capabilities Of Prospective Elementary School Teachers. Educational Administration: Theory and Practice, 30(5), 5625-5644.

Sinaga, Y. R., Sinaga, R., Marianus, S. M., & Tanjung, D. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Viii Kelas Sd Negeri 060934 Medan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1899-1911.

Suharjo, & Rohani (2020). Pengembangan Media Grafis dalam Pembelajaran. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, 2(2), 1-13.

Sulaeman(2019). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan High Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kompetensi Teks Deskripsi Kelas VII. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra 1(2) ,298-305.

Sumarni, E. T., & Mansurdin, M. (2020). Model Kooperative Learning Tipe STAD pada Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1309-1319.

Susanto (2022). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sd Negeri Sukaharja 01 Kabupaten Bogor. Journal of Social Studies Arts and Humanities (JSSAH), 2(1), 067-070.

Wahana, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan High Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kompetensi Teks Deskripsi Kelas VII. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 298-305).

Wahyuni, F. (2023). Pengaruh Metode Permainan Tebak Angka Terhadap HASIL Belajar Matematika Kelas II Di SDN 107 SELUMA (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno).

Zuliana, (2023). Penerapan Metode PAIKEM Pada Pembelajaran Bahasa Jawa di Madrasah Ibtidaiyah Kelas Rendah. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 157-166.

Downloads

Published

2024-12-10

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>