PENERAPAN AJARAN AL-QUR’AN DALAM NILAI-NILAI SOSIAL WARGA MASYARAKAT DI LINGKUNGAN XIII KELURAHAN BANTAN TIMUR KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.19702Keywords:
Kata kunci: Ajaran Al-Qur'an, nilai-nilai sosial, penerapan, Masyarakat, Kelurahan Bantan Timur.Abstract
Abstrak Penelitian ini mengkaji tentang penerapan ajaran Al-Qur'an dalam nilai-nilai sosial pada warga masyarakat di Lingkungan XIII Kelurahan Bantan Timur, Kota Medan. Penelitian ini melihat sejauh mana pentingnya penerapan ajaran al-qur’an dalam nilai-nilai sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Pada dasarnya ajaran Al-qur’an dengan nilai sosial adalah sesuatu yang tidak dapat terpisahkan. Penelitian ini ingin mengetahui betapa pentingnya nilai-nilai sosial dalam menjalani kehidupan bermasyarakat sesuai dengan ajaran yang ada didalam Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data menurut Miles dan Huberman dengan tiga alur analisis, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ajaran Al-Qur'an berperan signifikan dalam membentuk norma sosial dan perilaku masyarakat di lingkungan XIII Kelurahan Bantan Timur Kota Medan, seperti keadilan, solidaritas, dan toleransi tercermin dalam berbagai aspek kehidupan sosial, termasuk dalam hubungan antarwarga, kegiatan gotong royong, dan penyelesaian konflik. Penelitian ini juga menemukan bahwa ada beberapa tantangan dalam penerapan ajaran Al-Qur'an ialah masyarakat yang masih tertarik dengan jaminan dan janji-janji dalam pemilihan di kalangan masyarakat yang kurang kesadaran dan lemah iman. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa nilai-nilai sosial Ajaran Al-Qur’an pada masyarakat di Lingkungan XIII Kelurahan Bantan Timur Kota Medan adalah Loves(saling menyayangi): tolong menolong, kekeluargaan, kesetiaan, kepedulian, Responibility (tanggung jawab): Disiplin, Empati, dan jujur , Life Harmony (keserasian hidup): Nilai keadilan, Toleransi, Kerjasama, dan Demokrasi.Downloads
References
Ahmad H (2021). Integrasi Al-Qur'an dan Ilmu Sosial (Kontekstualitas al-Qur'an dalam Kehidupan Bermasyarakat) Ulumul Qur'an: Jurnal Kajian Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, (2021), 1(2)
Ahmad Hasbullah (2021) Ulumul Qur'an: Jurnal Kajian Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, (2021), 1(2)
Akhmad Roja Badrus Zaman., Resepsi Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto, MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora, (IAIN Purwokerto Edisi: Januari-Juni, Vol. 4, No. 1, 2019), 8
Anshori, Ulumul Quran, (Jakarta: Rajawali Press, 2013)
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta , h. 172.
Falikhah, N. (2017). Santet Dan Antropologi Agama. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 11(22), Article 22. Https://Doi.Org/10.18592/Alhadharah.V11i22.1777
Fauziyah & Rozaq, (2022) . Peranan Istri Dalam Rumah Tangga Perspektif Al-Qur’an Dan Tinjauannya Dalam Fikih Munakahat. Jurnal Ilmiah Ahwal Syakhshiyyah (JAS) (2022) 4(1)
Hakim L. (2022). Nilai Akhlak Qur’ani dalam Kehidupan Masyarakat. TAFSE: Journal of Qur'anic Studies, (2022), 7(2)
Hasbi M (2021). Makiyah dan Madaniyah Jurnal Al-Mubarak: Jurnal Kajian Al-Qur'an dan Tafsir, (2022), 7(1)
Husni M (2019). Studi Al-qur’an: Teori Al Makkiyah da Al Madaniyah Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, (2019), 4(2)
Kholidah, Zakiah. Pendidikan Nilai-nilai Sosial bagi Anak dalam Keluarga Muslim.Skripsi. (Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2008). (http://nilai sosial.com) diakses pada 7 agustus 2017 pukul 19.42
Moleong , Lexy j. 2019. Metode Penelitian Kualitatif . Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
Murtadlo, G. Integrasi Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Dalam Konteks Sains dan Ilmu Sosial PANDU : Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum, (2023), 1(1)
(Ngaqli M, Muntaqo R, Munawaroh H. Hamalatul Qur ’ an : Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur ’ an Internalisasi Infaq untuk Meningkatkan Kepedulian Sosial dalam Perspektif (2020) 1(1)
Sukmasari, D (2020). konsep kesejahteraan masyarakat dalam perspektif al-qur’an jurnal At-Tibyan 2020 3(1).
Nirwana AN, Andri, Abd. Wahid, Bukhori Abdul Shomad, Sayed Akhyar, Hayati Hayati, Saifudin Saifudin, and Fauzan Nashrulloh. “Serving to Parents Perspective Azhar’s Quranic Interpretation.” Linguistics and Culture Review 6, no. Special Issue (2022): 254–63. https://doi.org/10.21744/lingcure.v6ns5.2155
Prasetyo, D. (2020). Memahami Masyarakat Dan Perspektifnya. Jurnal: Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, (2020), 1(1)
Purwanti, E. Y. (2021). Implementation Of Environmental Education Value In Islamic Education (Analysis Of Tafsir Al Qur’an Surah Al-A’raf Ayat 56-58). Lisyabab : Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 2(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.58326/Jurnallisyabab.V2i2.87
Shihab, M.Quraish. YANG HILANG DARI KITA : AKHLAK. Tangerang: PT. Lentera Hati,2016.https://www.google.co.id/books/edition/Akhlak_Yang_Hilang_Dari_Kita/AwLaD wAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&printsec=frontcover (.
Siswanto, Siswanto, and Yuli Anisyah. “Revitalisasi Nilai-Nilai Qur’ani Dalam Pendidikan Islam Era Revolusi Industri 4.0.” Islamuna: Jurnal Studi Islam5, https://doi.org/10.19105/islamuna.v5i2.2076.
Suhartawan, B (2022). Konsep Kepemimpinan dalam Perspektif Al-qur’a n. Tafakkur jurnal ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 2(1), 1-23.
Sujarwemi Wiratna, Metodologi Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Baru, 2014)
Warsah,I.(2020). Pendidikan Islam Dalam Keluarga. Palembang: Tunai Gemilang Press
Umro, J.(2020). Tantangan guru Pendidikan agama islam dalam menghadapi era society 5.0. Al-Makrifat:Jurnal kajian islam 5(1),79-95.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.