ANALISIS PENERAPAN EVALUASI BERBASIS KETERAMPILAN ABAD 21 PADA PEMBELAJARAN IPA di SDN KAPUK 08 PETANG

Authors

  • Rabbiah Al Adawiyah Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka
  • Ranggita Dwi Syahla Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Silfa Ayu Prastika Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Vera Arefanda Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Prima Mutia Sari FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19700

Keywords:

Evaluasi berbasis keterampilan abad 21, pembelajaran IPA, keterampilan 4C, SDN Kapuk 08 Petang.

Abstract

Latar Belakang : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan evaluasi berbasis keterampilan
abad 21 dalam pembelajaran IPA di SDN Kapuk 08 Petang, dengan fokus pada pengembangan
keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas (4C). Metode penelitian yang
digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana data diperoleh melalui observasi dan
wawancara mendalam dengan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SDN Kapuk
08 Petang secara aktif menerapkan keterampilan 4C dalam pembelajaran IPA, menggunakan berbagai
metode evaluasi, seperti proyek kelompok, diskusi, dan presentasi. Siswa menunjukkan keterlibatan tinggi
dalam pembelajaran dan merespons positif evaluasi berbasis keterampilan abad 21 ini. Penerapan evaluasi
berbasis keterampilan abad 21 terbukti memberikan dampak positif terhadap motivasi dan pemahaman
siswa dalam belajar IPA. Guru juga mencatat bahwa pendekatan ini mendukung pengembangan
keterampilan sosial dan kemampuan berpikir kritis siswa, terutama ketika mereka bekerja dalam kelompok
dan menyelesaikan tugas proyek. Meskipun terdapat tantangan, seperti menyesuaikan evaluasi untuk siswa
dengan berbagai tingkat kemampuan, guru mengatasi kendala ini dengan metode pembelajaran
berdiferensiasi. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi berbasis keterampilan abad
21 dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah dasar, membekali siswa dengan keterampilan
penting yang relevan untuk kehidupan di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gunawan, A., et al. (2023). Penerapan Keterampilan Abad 21 dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(2), 145-156.

Lestari, T., & Mulyadi, R. (2023). Pengaruh Keterampilan 4C terhadap Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(1), 23-30.

Pratama, D., & Haryanto, T. (2023). Evaluasi Berbasis Keterampilan pada Pendidikan Abad 21. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 15(3), 75-88.

Widiastuti, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(2), 99-112.

Sutrisno, B., & Wijaya, A. (2022). Metode Evaluasi dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 55-68.

Arifin, Z. (2022). Pengembangan Keterampilan Kolaborasi pada Pembelajaran Sains. Jurnal Sains Pendidikan, 14(2), 66-80.

Santoso, M. (2022). Komunikasi Efektif dalam Pendidikan Abad 21. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan, 9(3), 121-135.

Lestari, N., & Firmansyah, D. (2022). Kreativitas dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(3), 45-60.

Rahman, H., & Sari, W. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 33-48.

Setiawan, R., & Kartika, P. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kolaboratif untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(4), 112-130.

Ningsih, F., & Nugroho, D. (2021). Penilaian Autentik dalam Pembelajaran IPA untuk Pengembangan Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 12(3), 72-89.

Suryani, M., & Prasetyo, A. (2021). Inovasi Pembelajaran IPA Berbasis 4C di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(1), 35-50.

Nurhayati, S. (2020). Tantangan Implementasi Keterampilan Abad 21 dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 14(2), 43-58.

Yulianto, D., & Putri, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Inkuiri terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa. Jurnal Pendidikan IPA, 5(3), 90-103.

Putra, I., & Aditya, S. (2020). Evaluasi Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Eksperimen pada IPA SD. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(2), 67-82.

Downloads

Published

2024-12-31