IMPLEMENTASI PENDEKATAN TARL PADA MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS KERAGAMAN ALAM INDONESIA PADA PELAJARAN IPS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19659Keywords:
Hasil Belajar, Problem based learning, TaRLAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan model pembelajaran problem based learning, pada peserta didik kelas VIII- I SMP Negeri Surabaya Tahun 2023/2024 dengan pendekatan Teaching at the Right Level. Penelitian ini menggunakan PTK yang didalam penelitian ini menggunakan dua siklus. Adapun subjek dari penelitian adalah peserta didik kelas VIII-I SMP Negeri 1 Surabaya dengan jumlah 35 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan deskriptif dengan membandingkan hasil dari siklus I dan siklus II. Adapun hasil belajar IPS terdapat peningkatan sebesar 31,43% dengan persentase 51,42% pada siklus I dan 82,85% pada siklus II. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan pendekatan TaRL yang dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS.Downloads
References
Arifudin, A. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatakan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pensisikan Pembelajaran , 1-10.
Audah, N. Z. (2023). Penggunaan Pendekatan Teaching at the Right Level. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.
Fitriani, S. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Metode Adabta HEGJ Melalui Pendekatan Tarl. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 180-189.
Kusmiatii, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1-10.
Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the. BADA’A. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 165-179.
Rosna, A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajar IPA di kelas IV SD Terpencil Bainaa Barat. Jurnal Kreatif Tadulako.
Sya'ban, S. (2018). Pengembangan Kurikulum IPS untuk Meningkatkan Keterampilan Berinteraksi Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1-10.
Zaki, A. (2022). Strategi pembelajaran fiqih. CV Pusdikra Mitra Jaya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.