PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK BERBASIS MIT APP INVENTOR MATERI IPAS DI SD NEGERI 007 SAMARINDA ILIR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.19617Keywords:
Development, LKPD Elektronik, IPAS, MIT App InventorAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan perkembangan teknologi yang mempengaruhi banyak aspek kehidupan, salah satunya pendidikan. Kemajuan teknologi mengubah dunia pendidikan diikuti dengan permasalahan dalam proses pembelajaran, terutama pembealajaran IPAS. Siswa kesulitan dalam memahami materi sifat-sifat cahaya. Oleh karena itu penulis mengembangkan media LKPD Elektronik yang media ini dapat diakses menggunakan gawai, media ini dapat menampilkan materi, video pembelajaran, soal LKPD, quiz dengan efektif dan kelayakan dalam pengoperasian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan dan respon peserta didik. Pengembangan media LKPD Elektronik Berbasis MIT App Inventor menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan model ADDIE, mencakup lima tahap yaitu, analysis, design, development, implementation, and eavaluation. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, angket. Media ini telah teruji kelayakannya oleh para ahli dan respon pengguna.Penilaian kelayakan dari tiga ahli media memperoleh nilai rata-rata 88% dengan kategori sangat layak. Penilaian kelayakan dari tiga ahli materi memperoleh nilai rata-rata 83% dengan kategori sangat layak, kemudian penilaian dari tiga ahli bahasa memperoleh rata-rata nilai 90% dengan kategori sangat layak. Hasil yang didapat dari respon peserta didik dapat dilihat dari tes skala kecil dan tes skala besar. Penilaian respon peserta didik pada tes skala kecil diperoleh nilai 97% dengan kategori sangat layak, kemudian penilaian respon peserta didik pada tes skala besar diperoleh nilai 94% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan respon pengguna, dapat disimpulkan bahwa media LKPD Elektronik Berbasis MIT App Inventor ini layak digunakan sebagai media pembelajaran IPAS kelas V SDN 007 Samarinda Ilir.Downloads
References
Amali, K., & Kurniawati, Y. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. 2(2), 191–202.
Danial, M., & Herawati, N. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Elektronik Berbasis Masalah pada Materi Larutan Asam dan Basa. 5(2), 129–139.
Eka Putri, T. A., Wahyuning Subayani, N., & Alfiansyah3, I. (2021). Development of Plant Organ Scrapbook Learning Media in Elementary School. Journal Universitas Muhammadiyah Gresik Engineering, Social Science, and Health International Conference (UMGESHIC), 1(2), 812.
Elfina, S., & Sylvia, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 27–34.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiaawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran Sulis Putri Hidayat STAI DR. KHEZ Muttaqien Purwakarta. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 01–17.
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.
Ika, A., Abrar, P., Nur, F., & Angriani, A. D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Aljabar. 8(2), 173–182.
Istidah, A., Suherman, U., & Holik, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Tentang Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Metode Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi, 2(1).
Jannah, I. K. J., & Suciptaningsih, O. A. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis CTL pada Kurikulum Merdeka Muatan IPAS. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6164–6172.
Kependidikan, J. I., Pribadi, Y. T., Sholeh, D. A., Auliaty, Y., & Jakarta, U. N. (2021). PENGEMBANGAN E-LKPD MATERI BILANGAN PECAHAN BERBASIS. 2(2), 264–279.
Kholifahtus, Y. F., & Wardoyo, A. A. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK ( E-LKPD ) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL ( HOTS )
Kurniasih, S. R., Zuliani, R., Hartantri, S. D., & Tangerang, U. M. (2021). ( LKPD ) BERBASIS SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN. 3(November), 387–401.
Murti, K., Kresnadi, H., & Halidjah, S. (2023). Pengembangan Modul Ajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial ( IPAS ) Kelas IV Kurikulum Merdeka Materi Indonesiaku Kaya Budaya di SDN 24 Pontianak Timur. 06(01), 6801–6808.
Ningrum, G. K., Dadi, S., & Karjiyati, V. (2020). Pengembangan LKPD Pembelajaran Tematik di Kelas V Sekolah Dasar Kota Bengkulu. Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(3), 373–380.
Rahayu, S. S., Rinaldi, A., & Gunawan, W. (2021). Aplikasi Program Linear: Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan MIT App Inventor. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 107.
Rahayuningsih, D. I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Bagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 4(2), 726.
RISMA. (2019). Pengembangan Android Mobile Learning Menggunakan Mit App Inventor Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Dasar-Dasar Logika. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Rusydiyah, E. F. (2019). Teknologi Pembelajaran:Implementasi Pembelajaran Era 4.0 (Cetakan 1). UIN SUNAN AMPEL PRESS.
Sari, I. P., Samiha, Y. T., Habisukan, U. H., Wigati, I., & Hapida, Y. (2019). Review : Pengembangan Bahan Ajat Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) menggunakan Model ADDIE. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2019, 68–75.
Savitri, D., & Karim, A. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID DI KELAS 4 SEKOLAH DASAR. 1(2), 63–75.
Sunarti, S., & Rusilowati, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Gerak Melingkar Berbantuan Scratch Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics. Unnes Physics Education Journal, 9(3), 283–290.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.
Zulmi, F. A., & Akhlis, I. (2020). Pengembangan LKPD berekstensi EPUB berbasis Discovery Learning untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Unnes Physics Education Journal, 9(2), 209–216.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.