PENGEMBANGAN MEDIA MINIATUR TATA SURYA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM TATA SURYA KELAS VI SDIT BUNAYYA

Authors

  • Defitriana Pramesti Suhirman Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas, Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah, Tangerang
  • Rizki Zuliani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas, Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah, Tangerang
  • Saktian Dwi Hartanti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas, Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah, Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19589

Keywords:

Media Miniatur Tata Surya, IPA, Materi Sistem Tata Surya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media miniatur sistem tata surya yang layak digunakan untuk mata pelajaran IPA materi sistem tata surya untuk peserta didik kelas VI SDIT Bunayya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (Research andDevelopment) dengan menggunakan model ADDIE. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: Analisis, perncanaan, pengembangan, implementasi, evaluasi, yaitu: (1) uji coba bahan secara perorangan dengan melibatkan tiga orang peserta didik, (2) uji coba kelompok kecil; dengan melibatkan 6 peserta didik, (3) uji coba kelompok besar dengan melibatkan 20 peserta didik, selanjutnya revisi, tahap terakhir adalah produksi akhir. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VI SDIT Bunayya/. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi,menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil validasi ahli produk media menunjukkan kategori “Baik”dengan rata-rata skor 4,1. Dan hasil validasi ahli materi menunjukkan media miniatur tata surya termasuk kategori “Sangat Baik” dengan rata-rata skor 4,2. Kemudian data uji coba lapangan secara perorangan dengan rata-rata skor 4,9. Maka termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Hasil dari uji kelompok kecil dengan hasil rata-rata skor 4,8. Maka termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Hasil uji lapangan dengan rata-rata skor 4,8. Maka termasuk dalam kategori “Sangat Baik”.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka media miniatur tata surya untuk pelajaran layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPA materi sistem tata surya di SDIT Bunayya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atika. Akmal Ulya. (2023). PEMBELAJARAN IPA SD (S. Insani J, Ed.; 1st ed.). PT MAFY MEDIA LITERASI INDONESIA.

Anitah Sri. (2017). Media Pembelajaran (S. A. C. R. Rohmadi Muhammad, Ed.; Vol. 2). Cakrawala Media.

Fayrus, P. :, Slamet, A., & Pd, M. (2022). MODEL PENELITIAN PENGEMBANGAN (R n D) (Risdiantoro Rindra, Ed.). Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang.

Haryono. (2019). PEMBELAJARAN IPA ABAD 21 (Suciati, Ed.; Vol. 1). Kepel Press.

Kustandi C, D. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran (1st ed., Vol. 1). Kencana .

Downloads

Published

2025-01-01