The ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MODUL INOVASI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS TRI-NGA

Authors

  • Murniningsih PGSD FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ani Widyawati Pendidikan IPA FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Retno Utaminingsih PGSD FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.19560

Keywords:

Analisis Kebutuhan, ipa, Modul, Tri Nga

Abstract

Matakuliah inovasi pembelajaran IPA SD di prodi PGSD merupakan matakuliah baru dan belum memiliki modul yang mampu memfasilitasi kebutuhan dan karakteristik mahasiswa sehingga mahasiswa belum mampu mengoptimalkan kompetensi pada matakuliah tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melakukan analisis kebutuhan terhadap pengembangan modul Inovasi Pembelajaran IPA berbasis Tri-Nga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk menghasilkan informasi kebutuhan terkait karakteristik mahasiswa, kurikulum, perangkat perencanaan dan asesmen yang dibuat, pendekatan dan strategi pembelajaran, muatan ajaran KHD Tri-Nga, modul, kemampuan abad 21 (6C), evaluasi, dan masalah yang dihadapi dosen yang akan digunakan untuk mengembangkan modul ke depannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan sekaligus untuk menguji keabsahan data yaitu triangulasi teknik berupa dokumentasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subyek penelitian ini yaitu perwakilan mahasiswa dan dosen pengampu matakuliah Inovasi Pembelajaran IPA pada semester Ganjil Tahun Ajaran 2024/2025. Simpulan dari penelitian ini yaitu dalam matakuliah Inovasi pembelaran perlu memiliki modul yang sesuai dengan kurikulum baru yang berbasis ajaran KHD, berdiferensiasi, sesuai kebutuhan dan karakteristik mahasiswa, sesuai dengan materi dan capaian pembelajaran, serta mampu diakses dengan leluasa oleh dosen dan mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliyah, R., Ernawati, T., Sujatmika, S., & Astuti, S. Y. (2021). Modul Usaha dan Pesawat Sederhana Berbasis Ngerti, Ngrasa, Nglakoni (Tri Nga) dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII: Kajian Pendahuluan. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 8(2). https://doi.org/10.30738/natural.v8i2.9606

Arifudin, O. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Al-Amar, 4(1), 13–22.

Gorbi Irawan, A., Nyoman Padmadewi, N., & Putu Artini, L. (2018). Instructional materials development through 4D model. SHS Web of Conferences, 42, 00086. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200086

Kuntoro, B. T., & Fajrie, N. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Menggunakan Skala Likert Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v10i1.2047

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925

Novalia, H., & Noer, S. H. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Strategi PQ4R Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Siswa SMA. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4854

Purwoko, R. Y., ugraheni, P., & Nadhilah, S. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Produk Budaya Jawa Tengah. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.26486/jm.v4i2.1165

Qomariah, N., Astuti, P., & Susanti, S. (2024). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Ispring Suite Pada Materi SPLTV Kelas X SMA. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 4(3), 1–9. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v4i3.523

Sari, R. T., & Jusar, I. R. (2017). Analisis Kebutuhan Modul Pembelajaran IPA Berorientasi Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Quantum Learning Di Sekolah Dasar. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 8(1), 26. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v8i1.833

Setyawan, D. N., & Wijayanti, A. (2020). Analisis Kebutuhan Buku Ajar Pendamping IPA Terpadu Berbasis Tri Nga (Ngerti, Ngrasa, Nglakoni) untuk Siswa SMP di Masa Pandemi Covid-19. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 4(2), 171. https://doi.org/10.30738/wa.v4i2.8714

Taufiqurrahman, M. (2023). Pembelajaran Abad-21 Berbasis Kompetenci 4C Di Perguruan Tinggi. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 07(01). https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.441.78-90

Tim Dosen Ketamansiswaan. (2020). Ketamansiswaan. UST Press.

Wijaya, A. P. (2017). Pengembangan Modul Dengan Pendekatan Open Ended Untuk Memfasilitasi Pencapaian Literasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 159. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.996

Wijayanti, D. (2018). Character Education Designed By Ki Hadjar Dewantara. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 85. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10865

Downloads

Published

2024-12-31