PENGEMBANGAN KOMENG (KOMIK MATEMATIKA EDUKATIF DAN MENYENANGKAN) SEBAGAI BAHAN AJAR MATEMATIKA SEMESTER 1 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR KELAS 1 DI SD KRISTEN CHARIS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.19537Keywords:
Minat Belajar, Matematika, KomikAbstract
ABSTRAK Minat belajar peserta didik merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam pembelajaran Matematika, namun minat belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika masih rendah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku komik untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode RnD (Research and Development) dengan model 4-D (Define, Design, Development, Disseminate). Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi. Penelitian dilaksanakan di SD Kristen Charis dengan subyek penelitian peserta didik kelas 1A. Validasi produk dilakukan pada media dan materi oleh 2 ahli dengan hasil “BAIK” untuk media dan “SANGAT BAIK” untuk materi. Untuk menguji efektifitas produk, peneliti melaksanakan pre-experimental research. Setelah itu, peneliti melakukan uji-t untuk mengetahui efektititas produk dengan hasil Sig. (2-tailed) adalah 0.000. Selain itu, rata-rata minat belajar peserta didik sebelum adalah 16,82 sedangkan setelah diberi treatment pembelajaran dengan KOMENG minat belajar peserta didik rata-rata 26,41. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar peserta didik kelas 1 dalam pembelajaran Matematika. Kata Kunci: Minat Belajar, Matematika, KomikDownloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Apriyanti F. (2012). Pengaruh Pemanfaatan Media Komik Matematika Terhadap Hasil Belajar Kelas V SDN 24 Pontianak Tenggara. Pontianak: Universitas Tanjungpura
Gunawan, P., & Sujarwo. (2022). Pemanfaatan Komik Sebagai Media Pembelajaran Sejarah dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal of History Education and Historiography, 6(1), 39.
Kurniawati, U., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kodig Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1046– 1052.
Meilani, R. I. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa (The impacts of students ’learning interest and motivation on their learning outcomes). Jurnal Pendidikan, 2(2), 188–201.
Nurrita T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03(01), 171-187.
Rahman, A., dkk, “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan” JURNAL AL URWATUL WUTSQA, Vol. 2, no. 1, pp. 7, 2022.
Rukminingsih, dkk. 2020. Metode Penelitian Pendidikan, Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Utama.
Sari, W.W., & Ritongga, Rudi, “Pengembangan Bahan Ajar Komik Muatan Matematika Materi Satuan Berat Di Sekolah Dasar” JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN, Vol. 12, no. 2, pp. 218, 2021.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Thiagaradjan, S. et al. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children A Sourcebook. Bloomington: Indiana University.
Uno, H.B. (2014). Teori motivasi dan peng-ukurannya.Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.