PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI AKIDAH-AKHLAK DI KELAS V SDN DEWISARI III TAHUN PELAJARAN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19493Keywords:
Metode KTG, Hasil belajar, PAIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Akidah-Akhlak melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation di kelas V SDN Dewisari III Tahun Ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang meliputi siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil observasi awal menunjukkan hanya 19,04% siswa yang mencapai ketuntasan belajar, sehingga diperlukan perbaikan dalam proses pembelajaran. Pada siklus I, meskipun terdapat peningkatan dengan 38,09% siswa yang tuntas, hasil tersebut masih dianggap belum memenuhi standar ketuntasan minimal. Refleksi dari siklus I menunjukkan perlunya perbaikan dalam pengelolaan pembelajaran. Pada siklus II, setelah melakukan perbaikan, terjadi peningkatan signifikan di mana 85,71% siswa berhasil mencapai ketuntasan belajar. Penelitian ini menekankan pentingnya variasi metode pengajaran dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajar mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat menjadi alternatif efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.Downloads
References
Arikunto Suharsimi.2013.Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.
Asis Saefuddin dan Ika Berdiati.2014.Pembelajaran Efektif.Cet. 1; Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Ostarika Ona.2012. Penerapan Pendekatan Kooperatif tipe GI Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa PTK: Pada Pelajaran IPS Kelas V di SD Negeri 50 Kota Bengkulu. Skripsi Sarjana; Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri: Yogyakarta
Prihatin Eka. 2011. ManajemenPesertaDidik. Cet. 1; Bandung: CV. Alfabeta
Rusman.2011. Model-model pembelajaran.Mengembangkan Propesinalisme Guru : Cet 6 Jakarta.
Salim Moh. Haitami dan Syamsul Kurniawan. 2012.Studi Ilmu Pendidikan Islam.Cet.
1; Jojakarta: Ar-Ruzz Media, Sekolah Tinggi Agama Islam (Stain).2013.Pedoman Karya Tulis Ilmiyah.Parepare Departemen Agama
Zebua Syukurman.2020. Sebernetik Dalam Kualitas Pembelajaran Kualitas
Agama.Lakaisha, jawa tengah
Widayati Tri.2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Geografi Kelas X Sma Negeri 2 Bantul.Skripsi Sarjana; Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri: Yogyakarta.
Mansur Muslich.2009.Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. (PTK) itu Mudah, Cet, II, Jakarta Bumi Aksar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.