PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI AKIDAH-AKHLAK DI KELAS V SDN DEWISARI III TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Authors

  • Abdurrohim Gemanaya Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19493

Keywords:

Metode KTG, Hasil belajar, PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Akidah-Akhlak melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation di kelas V SDN Dewisari III Tahun Ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang meliputi siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil observasi awal menunjukkan hanya 19,04% siswa yang mencapai ketuntasan belajar, sehingga diperlukan perbaikan dalam proses pembelajaran. Pada siklus I, meskipun terdapat peningkatan dengan 38,09% siswa yang tuntas, hasil tersebut masih dianggap belum memenuhi standar ketuntasan minimal. Refleksi dari siklus I menunjukkan perlunya perbaikan dalam pengelolaan pembelajaran. Pada siklus II, setelah melakukan perbaikan, terjadi peningkatan signifikan di mana 85,71% siswa berhasil mencapai ketuntasan belajar. Penelitian ini menekankan pentingnya variasi metode pengajaran dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajar mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat menjadi alternatif efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto Suharsimi.2013.Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Asis Saefuddin dan Ika Berdiati.2014.Pembelajaran Efektif.Cet. 1; Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Ostarika Ona.2012. Penerapan Pendekatan Kooperatif tipe GI Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa PTK: Pada Pelajaran IPS Kelas V di SD Negeri 50 Kota Bengkulu. Skripsi Sarjana; Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri: Yogyakarta

Prihatin Eka. 2011. ManajemenPesertaDidik. Cet. 1; Bandung: CV. Alfabeta

Rusman.2011. Model-model pembelajaran.Mengembangkan Propesinalisme Guru : Cet 6 Jakarta.

Salim Moh. Haitami dan Syamsul Kurniawan. 2012.Studi Ilmu Pendidikan Islam.Cet.

1; Jojakarta: Ar-Ruzz Media, Sekolah Tinggi Agama Islam (Stain).2013.Pedoman Karya Tulis Ilmiyah.Parepare Departemen Agama

Zebua Syukurman.2020. Sebernetik Dalam Kualitas Pembelajaran Kualitas

Agama.Lakaisha, jawa tengah

Widayati Tri.2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Geografi Kelas X Sma Negeri 2 Bantul.Skripsi Sarjana; Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri: Yogyakarta.

Mansur Muslich.2009.Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. (PTK) itu Mudah, Cet, II, Jakarta Bumi Aksar

Downloads

Published

2024-12-16