PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR

  • Hani Handayani STKIP SEBELAS APRIL SUMEDANG

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini berawal dari  kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang masih rendah. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent groups pretest-posttets design Subjek pada penelitian ini adalan siswa kelas V SD Negeri Andir Kidul 1 Kotamadya Bandung. Instrumen yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05, dari hasil  uji t didapatkan hasil 0.192. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memperikan mengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
Kata Kunci : Berpikir kritis
 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 4, 2020
How to Cite
HANDAYANI, Hani. PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 50 - 60, july 2020. ISSN 2548-6950. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/1944>. Date accessed: 21 oct. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.23969/jp.v5i1.1944.