IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY PADA ALFAMIDI CLASS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN SEMANGAT KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK NEGERI 2 SEMARANG

Authors

  • Muh. Adrikni Al Hakim Universitas Negeri Semarang
  • Nina Oktarina Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19371

Keywords:

Pembelajaran, Teaching Factory, Kelas Industri, Kreativitas, semangat Kewirausahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis implementasi program pembelajaran teaching factory di SMK Negeri 2 Semarang. 2) menganalisis pembelajaran teaching factory pada alfamidi class program keahlian bisnis daring dan pemasaran di SMK Negeri 2 Semarang. 3) menganalisis motivasi kreativitas dan semangat kewirausahaan setelah melaksanakan program pembelajaran teaching factory program keahlian bisnis daring dan pemasaran di SMK Negeri 2 Semarang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan meliputi dokumentasi, wawancara kuesioner. Teknik analisis data pada metode kualitatif dilakukan dengan analisis domain dan taksonomi dengan kuesioner dilakukan dengan analisis data deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Implementasi pembelajaran teaching factory sudah sesuai dengan konsep dan element, perlengkapan dan peralatan sudah terpenuhi. 2) Pembelajaran teaching factory pada alfamidi class efektif dan bermafaat bagi siswa, sekolah dan perusahan, penerapan pembelajaran teaching factory merupakan adaptasi atau replika mini dari pembelajaran kelas alfamidi yang ada di industri. 3) Siswa memiliki kreativitas kategori tinggi dan siswa memiliki semangat kewirausahaan kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kuswantoro, A. 2014. “Teaching Factory, Rencana Dan Nilai Enterpreneurship [Teaching Factory, Entrepreneurship Plans and Values.” Yogyakarta: Graha Ilmu.

Makhbubah, Eliza, and Rusdarti. 2020. “Pembelajaran Teaching Factory Berbasis Unit Produksi Untuk Meningkatkan Semangat Kewirausahaan Siswa” 3 (1): 1–15.

Moleong, Lexy J. 2018. “Metodologi Penelitian Kualitatif . Remaja Rosdakarya.” Inter Komunika, Stikom InterStudi.

Muhitasari, Reni, and Agustina Sri Purnami. 2022. “Manajemen Pembelajaran Teaching Factory Dalam Mewujudkan Jiwa Kewirausahaan Pada Siswa.” Media Manajemen Pendidikan 4 (2): 194–202. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i2.8206.

Oktaviana, Vera Dilla, and Nailariza Umami. 2018. “Pengaruh Efikasi Diri Dan Kreativitas Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Pogalan Tahun Ajaran 2017/2018.” Jurnal Pendidikan Ekonomi 11 (2): 80–88.

Sistem Pendidikan. 2003. “Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003.Tentang Sistem Pendidikan Nasional.”

Standar Pendidikan. 2021. “Standar Nasional Pendidikan,” no. 102501.

Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.”

Undang-Undang Ketenagakerjaan. 2003. “Undang-Undang No 13 Tanun 2003 Tentang Tenagakerjaan.”

Downloads

Published

2025-01-01