ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) SISWA KELAS XII MAN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.19344Keywords:
Analisis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kecerdasan SpiritualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XII MAN 2 Mataram tahun ajaran 2024/2025 ditinjau dari kecerdasan spiritual (SQ). Subjek penelitian ini adalah kelas XII Saintek MAN 2 Mataram dan sampel penelitian ini adalah kelas XII Saintek 9 sebanyak 36 siswa. Peneliti memberikan angket SQ dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang telah valid kepada seluruh sampel penelitian. Setelah melakukan penelitian, tidak terdapat siswa yang memiliki SQ rendah, kemudian peneliti mengelompokkan siswa yang memiliki SQ tinggi, dan sedang, serta mengelompokan siswa pada kemampuan pemecahan masalah tinggi, sedang, dan rendah. Menganalisis hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan tingkat SQ. Tahapan pemecahan masalah yang digunakan adalah tahapan pemecahan masalah Polya. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) siswa yang memiliki tingkat SQ tinggi sebanyak 72% dan mampu menguasai maksimal seluruh atau empat indikator kemampuan pemecahan masalah polya, 2) siswa yang memiliki tingkat SQ sedang sebanyak 28% dan mampu menguasai maksimal tiga indikator kemampuan pemecahan masalah polya 3) Tidak ada siswa yang memiliki tingkat SQ Rendah. Hal ini sejalan dengan visi dan misi MAN 2 Mataram yang bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan spiritual siswa melalui kegiatan-kegiatan keagaman, sehingga wajar tidak terdapat siswa yang kecerdasan spiritualnya rendah.Downloads
References
Akhdiyat, A. M., & Hidayat, W. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Matematik Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sma. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1045–1054. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1045-1054
Ardal, A. (2021). BIOSTATISTIK : Statistika Dalam Penelitian Kesehatan. Kencana.
Ashshidieqy, H. (2018). Hubungan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Siswa. JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 7(2), 68–75. https://doi.org/10.21009/jppp.072.02
Christina, E. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Tahapan Polya Dalam Menyelesaikan Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 405–424. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.405-424
Damianti, D., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Efficacy Siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 8(1), 21–30.
Fadillah, et al. (2019). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Melalui Manajemen Peserta Didik. Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 1–14.
Hafriani, H. (2021). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN NCTM MELALUI TUGAS TERSTRUKTUR DENGAN MENGGUNAKAN ICT (Developing The Basic Abilities of Mathematics Students Based on NCTM Through Structured Tasks Using ICT). JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 22(1), 63. https://doi.org/10.22373/jid.v22i1.7974
Maharani, R. (2018). Kontribusi Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Matematis Logis Terhadap Penyelesaian Masalah Pembuktian Dan Kecemasan Matematika. INSPIRAMATIKA - Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 89–101.
Mairing, J. P., & Aritonang, H. (2018). Penyelesaian Masalah Matematika Berakhir Terbuka Pada Siswa Sma. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 61. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.61-70
Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN Dengan Menggunakan Metode Open Ended Di Bandung Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178–186. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.94
Marshall, D. Z. dan I. (2001). Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual Dalam Berpikir Holistik Memaknai Kehidupan. PT. Mzan Pustaka.
Miles, dan M. huberman. (1986). Innovation up close: How school improvement works. SPRINGER SCIENCE+BUSINESS MEDIA.
NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. NCTM.
Novita, R. (2015). Korelasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Terhadap Prestasi Belajar Siswa Smp Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 86–96.
Permatasari, Z., Sridana, N., Amrullah, A., & Sarjana, K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa berdasarkan Tingkat Adversity Quotient (AQ). Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 437–448. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.162
Polya. (1973). How to Solve It. Princeton University Press.
Safaria, T. (2017). Spiritual Intelegence(Metode Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak). Graha Ilmu.
Sari, D. F. (2022). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Stie Yadika Bangil. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(1 Juni 2022), 145–154. https://www.bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/2473
Sofyan, Y., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 129–142. https://doi.org/10.26618/sigma.v13i2.5832
Sutikno, R. B. (2014). Sukses Bahagia dan Mulia dengan 5 Mutiara Kecerdasan Spiritual. PT Gramedia Pustaka Utama.
Utami, L. H. (2015). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Siswa Di SD ISLAM TOMPOKERSAN LUMAJANG. Psympathic, 2(1), 63–78.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.