PERBEDAAN KEMANDIRIAN MAHASISWA S1 BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UKSW BERDASARKAN KEAKTIFAN DALAM KEGIATAN ORGANISASI DI KAMPUS

Authors

  • Febryan Cakrayudha Bimbingan dan Konseling, FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.19232

Keywords:

independence, organizational activeness

Abstract

This research aims to see the significance of differences in the independence of Guidance and Counseling Study Program students based on their activeness in organizational activities on campus. This type of research is comparative research to compare the existence of one or more variables in two different samples, or at different times. The population in this study were UKSW FKIP Guidance and Counseling undergraduate students class 2020 - 2022. The sample in this study was 112 UKSW FKIP Guidance and Counseling students. This research data collection technique uses a Likert Scale. The data analysis technique used is Kruskal-Walls. The research results show that there is a significant difference between student independence based on their activeness in organizational activities on campus.  proven by the results of the Asymp value analysis. Sig 0.000 < α= 0.05. Based on these results, it proves that there is a difference in the independence of UKSW FKIP Guidance and Counseling students based on their activeness in organizational activities on campus so that the hypothesis in this research is that Ho is rejected and H1 is accepted.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggit Susilo (2013). Perbedaan Kemandirian Mahasiswa BK FKIP UKSW Yang Menjadi Anggota Lembaga Kemahasiswaan Dengan Mahasiswa Bukan Anggota Lembaga Kemahasiswaan

Bandung: Penerbit Alfabeta

Depdiknas.2007.Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal.Jakarta.

Fitri, I. (2018). Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Pembelajaran Practical Life Di TK Annisa.

Gitosudarmo, Indriyo dan Sudita, I Nyoman. 2010. Perilaku Keorganisasian. Jogyakarta: BPFE.

Hanatika, H., “Hubungan Sikap Orang Tua dengan Kemandirian Anak di SMPN 01 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat”,Doctoral Dissertation. Sumatera Barat: STKIP PGRI, 2017.

Hasibuan, Malayu. 2013. Manajemen Sumberdaya Manusia, Cetakan ketujuh belas, Jakarta: Bumi Aksara

https://doi.org/10.18196/rabin.v5i1.11300 https://kbbi.web.id/aktif.html. Kamus versi online/daring (dalam jaringan). Pengertian aktif.

Jatmiko. (2005). Perbedaan Kemandirian Remaja Ditinjau dari Keikutsertaan Karangtaruna Kelurahan Mangi Klaten. Salatiga: Perpustakaan Universitas Kristen Satya Wacana

Mulyadi, D. 2015. Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayanan. Cetakan Pertama.

Rachman, Arief. 2015. Guru. Jakarta: Penerbit Erlangga

Rakhmat, Cece. (2014). Menyemai Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Dalam Menghadapi TantanganModernitas. http/file.upi.edu.co

Ratminto, A. 2012. Manajemen pelayanan. Pustaka Pelajar

Rodiathul Kusuma Wardani,”Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan”, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 31 No. 1 Februari 2016, hal 60

Rohman (2015). Perbedaan aktualisasi diri mahasiswa ditinjau dari kategori Aktifis dan Non- aktifis

Saragih, J.H. dan Valentina T.D. (2015). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi akademik pada mahasiswa aktivis organisasi kemahasiswaan di lingkungan Universitas Udayana. Udayana, Junal Psikologi.

Sugito, 2013. Pendidikan untuk Pencerahan dan Pemandirian Bangsa. Yogyakarta: AshShaff.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung : ALFABETA,cv

Sutrisno, S., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2016). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kota Semarang. Journal Of Management, 2(2). Google Scholar

UKSW (2011) Ketentuan Umum Keluarga Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana.Salatiga Urip Santosa. 2014. Manfaat Aktif dalam Organisasi Mahasiswa.Artikel. Universitas Bengkulu.

Violetta, G. P., & Kristianti, I. (2021). Pengungkapan Kecurangan di Lembaga Kemahasiswaan. Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 5(1), 26-37.

Wiyani, N.A. 2013. Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran.

Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Yulianto, A. (2015). Pengaruh keaktifan siswa berorganisasi terhadap peningkatan soft skills dan prestasi belajar siswa kelas xi kompetensi keahlian teknik pemesinan smk muhammadiyah prambanan tahun ajaran 2014/2015. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-11-18