EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Amelia Putri Stefany Pendidikan anak usia dini,Universitas Jambi,Indonesia
  • Tari Mahmuda Universitas Jambi
  • Rozzana Pendidikan Anak Usia Dini,Universitas Jambi,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19187

Keywords:

Traditional Games, Interpersonal Intelligence, Early Childhood

Abstract

Early childhood education is the initial stage of education. Current education is a coaching effort aimed at children from birth to six years of age and is carried out with stimulation. One intelligence that is very important to instill from childhood is interpersonal intelligence. This intelligence will ultimately be used in building, cultivating and establishing social relationships with the people around them, such as teachers, peers, family or new people. One of the traditional games to improve cooperative abilities or behavior in early childhood is the traditional game of clogs. clogs play a very important role in improving interpersonal intelligence. In this game, children must interact, coordinate and work together with their friends. Children are trained

Downloads

References

Amriani, Sri Rika, dan Syarifah Halifah. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini.” Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(2):24–37. doi: 10.31849/paud-lectura.v.

Amridha, dan Rahyuddin JS. 2020. Meningkatkan Kerjasama Anak Usia 6-7 Tahun Melalui Permainan Tradisional Bakiak. Vol. 1.

Budury, Syiddatul, Khamida Khamida, Nailul Huda, Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Nahdlatul Ulama, and Jawa Timur. 2022. “Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Dengan Bermain Permainan Tradisional.” 2(1). doi: 10.25217/wisanggeni.v1i1.1335.

Cendana, Herliana, dan Dadan Suryana. 2021. “Pengembangan Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(2):771–78. doi: 10.31004/obsesi.v6i2.1516.

Chairunnisa, Nurul Firli, Indra Zultiar, dan Ibnu Hurri. 2019. “Efektivitas Permainan Tradisional Dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK Islam Al-Fauza Tahun Ajaran 2018-2019.” Jurnal Utile 5(2):153–59.

Dimi Sekar Wigati, Dimi, dan Ariadi Nugraha. 2021. Pengembangan Permainan Tradisional Gobak Sodor Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa Di Sekolah Menengah Pertama.

Fitri, Ramadaniah, dan Rakimahwati Rakimahwati. 2021. “Game Edukasi Berbasis Budaya Lokal Sumbang Duo Baleh Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(1):239–51. doi: 10.31004/obsesi.v6i1.1220.

Mandira, Gracia, dan Muhammad Usman. 2019. Permainan Tradisional Makah-Makah Dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini.

Mubarak, A. Faizul, Widya Noviana Noor, Faizatul Widat, Khillatul Wafiroh, dan Nurul Hayati. 2022. “Upaya Guru Dalam Membangun Kecerdasan Intrapersonal Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(4):3782–92. doi: 10.31004/obsesi.v6i4.2124.

Purnamasari, Winda, Rifa Suci Wulandari, dan Endang Lestari. 2023. “Melalui Permainan Tradisional Bakiak Beregu.” Jurnal Mentari 3(1):48–57.

Qowiyah, Siti Halimatul. 2020. “Analisis Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B.” Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 11(2):96–101. doi: 10.17509/cd.v11i2.26239.

Riza Oktariana. 2019. “Pengaruh Permainan Bakiak Dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Perkembangan Fisik Motorik Anak Tk Khairani Aceh Besar.” Visipena Journal 10(1):78–93. doi: 10.46244/visipena.v10i1.492.

Sahidun, Nurfitri. 2018. “Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional.” Journal of Early Childhood Care & Education 1413:13–17.

Saputra, Aidil. 2018. “Pendidikan Anak Pada Usia Dini.” At-Ta’dib : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 10(2):192–209.

Sintia dkk. 2021. “Pengembangan Alat Permainan Puzzle Untuk Menstimulasi Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B Di Tk Alam Pelangi Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa 2(2):9–10.

Sutini, Ai. 2018. “Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional.” Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(2):67–77. doi: 10.17509/cd.v4i2.10386.

Amridha, & Rahyuddin, J. . (2020). Meningkatkan Kerjasama Anak Usia 6-7 Tahun Melalui Permainan Tradisional Bakiak. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulsel, 1(1), 1–11.

Hayati, F., & Fatimah. (2019). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Bakiak Di Kelompok B TK Raudhatul Ilmi Tijue Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie. Jurnal Buah Hati, 6(1), 53–61.

Hidayanti, M. (2013). Peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan bakiak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 195–200.

M. Hery Yuli setiawan. (2017). Permainan Kooperatif Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal AUDI, 1(1), 32–37.

Prameswari, T., Lestariningrum, A., & Utomo, H. B. (2021). Pengembangan Permainan Urang Gaya Berbasis Budaya Lokal Dalam Menstimulasi Kecerdasan Interpersonal Anak. Efektor, 8(2), 132–141. https://doi.org/10.29407/e.v8i2.16216

Downloads

Published

2025-01-01

Most read articles by the same author(s)