PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARINDAMA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD

Authors

  • Alya Nurfitriani Universitas Pelita Bangsa
  • Septian Mukhlis PGSD FIKT Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19179

Keywords:

Learning Media, Social Studies, Learning Motivation

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa. Kesulitan yang dirasakan oleh guru dan kurangnya antusiasme siswa dalam pembelajaran menjadi salah satu faktor yang membuat siswa kurang termotivasi dalam belajar. Dengan latarbelakang tersebut peneliti tertarik untuk mengkaji permasalahan yang ada melalui penelitian pengembangan dengan judul Pengembangan Media Pembelajaran Arindama Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Pengembangan atau Research & Develpment (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Jayamulya 01. Berdasarkan hasil analisis motivasi belajar terbukti bahwa media pembelajaran Arindama dapat meningkatkan motivasi belajar siswa SD Negeri Jayamulya 01 dengan memperoleh nilai 90,7% kategori sangat baik dari nilai 39,7% kategori kurang baik. Peningkatan yang signifikan dari perolehan nilai tersebut membuktikan bahwa media pembelajaran Arindama dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Jayamulya 01.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad Shunhaji, S. S. (2023). Model Pengelolaan Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SD Khalifah Krikut Kota Depok. Andragogi, 96-107.

Alvira Oktavia Safitri, V. D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas Di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (Sdgs). Jurnal Basicedu, 7096-7106.

Ardiansyah, R. M. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1-9.

Dewi Anjani, N. F. (2021). Analisis Artikel Metode Motivasi Dan Fungsi Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal Of Intellectual Publication (Iji Publication), 198-203.

Hakimah, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatn Motivasi Belajar Ips Di Sd. Bekasi.

Hapipih, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Bekasi.

HM. Nasron, H., Apriani, Y., S, D. A., Novita, N., & M, A. R. (2023). Model-Model Desain Instruksional: Dick & Carey, ASSURE, ADDIE, Dalam Pengembangan Alat Peraga Edukatif. Al Fitrah (Journal Of Early Childhood Islamic Education), 51-69.

Kurniawati, F. N. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Aoej: Academy Of Education Journal, 1-13.

M. Wahib MH, S. A. (2022). Studi Historis Perkembangan Sistem Pendidikan Di Indonesia. Al-AFKAR : Journal For Islamic Studies, 83-91.

Makbul, M. (2021). Metode Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian. Makassar.

Maymuna Harahap, A. M. (2022). Engembangan Media Uno Math Untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. All Fields Of Science J-Las, 209-217.

Mukhtari, N. A. (2023). Pengembangan Media Komik Cerita Anak Materi Ciri-Ciri Puisi Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV SD. Bekasi.

Ningtyas, E. C. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas VIII Di SMPN 2 Gending Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Probolinggo: Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Nopriastuti, S. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Pintar Untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Pada Pembelajaran Ppkn Kelas Iii Sd. Bekasi.

Pertiwi, T. N. (2023). Pengaruh Penerapan Model Embelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ppkn Kelas Iv Sekolah Dasar. Bekasi.

Prof. Richardus Eko Indrajit, H. (2021). Guru Milenial Dan Tantangan Society 5.0. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Salsabila, S. (2023). Pengembangan Media Interaktif Berbasis E-Modul Guna Menumbuhkan Minat Baca Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Materi Keragaman Budaya Seni Tari Di Jawa Barat Kelas Iv Sekolah Dasar. Bekasi.

Septy Nurfadhillah, M. (2021). Media Pembelajaran Pengertia Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, Dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. Sukabumi: Cv Jejak, Anggota Ikapi.

Siti Nurhasanah, M. S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif (Teori, Aplikasi, Dan Contoh Kasus). Banten: Media Edu Pustaka.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Waruwu, D. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Sertajaya 05. Bekasi.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). Https://Doi.Org/10.61104/Ihsan.V1i2.57

Setiawan, H. R., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2021). Pengembangan Media Ajar Lubang Hitam Menggunakan Model Pengembangan Addie. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2). Https://Doi.Org/10.33369/Jkf.4.2.112-119

Marpiantini, N. M., Kristiantari, M. G. R., & Gading, I. K. (2022). Pengembangan Media Strip Comic Berbasis Android Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1). Https://Doi.Org/10.38048/Jipcb.V9i1.664

Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). ADDIE, Sebuah Model Untuk Pengembangan Multimedia Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2).

Downloads

Published

2024-12-18