PENERAPAN METODE ROLE-PLAYING BERBANTUAN WORDWALL QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN PADA SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19169Keywords:
Hasil belajar, PPKn, Metode Role Playing, Wordwall Quiz.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode role playing berbantuan wordwall quiz dapat meningkatkan hasil belajar ppkn siswa kelas iv sd. Penelitian ini dilaksanakan di sdn 4 lubuklinggau. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk), dengan subjek penelitian siswa kelas iv sdn 4 lubuklinggau sebanyak 23 orang terdiri dari 13 laki-laki dan 10 perempuan. Metode yang digunakan adalah metode role playing dengan berbantu wordwall quiz. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif. Penelitian terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelakasanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatkan hasil belajar ppkn pada siswa kelas iv sdn 4 lubuklinggau menggunakan metode role playing dengan berbantu wordwall quiz. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata siswa, pra-test dengan nilai rata-rata 35% sedangkan siklus 1 dengan nilai rata-rata 63,48% dan siklus 2 dengan nilai rata-rata 82,39%. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa metode role playing berbantuan wordwall quiz dapat meningkatkan hasil belajar pkn siswa kelas iv sdn 04 lubuklinggau.Downloads
References
Bussa, M. P., Clemente, B., Colandrea, C., Fontana, R., Serio, M., & Tudorachi, V. (2024). Teaching efficacy of role playing in optometrist education. Nuovo Cimento Della Societa Italiana Di Fisica C, 47(5), 1–6. https://doi.org/10.1393/ncc/i2024-24326-2
Carnicero Pérez, J. D., Moreno-Rodríguez, R., & Felgueras Custodio, N. (2023). Development of empathy and ethical values through role-playing games as innovation for education in values. IJERI: International Journal of Educational Research and Innovation, (19 SE-), 109–122. https://doi.org/10.46661/ijeri.7273
Hafsah, H., Sakban, A., & Wiranda, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar PKn pada Materi Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia Kelas VII MTs. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 11(1), 51. https://doi.org/10.31764/civicus.v11i1.16875
Hasanah, L. W., Silalahi, H., & Utama, N. B. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika Materi Keliling Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(1 SE-), 237–258. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i1.1064
Lubis, M. A. (2020). Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan:(PPKN) DI SD/MI: Peluang Dan Tantangan Di Era Industri 4.0. Prenada Media.
Moorhouse, B. L., & Kohnke, L. (2022). Creating the Conditions for Vocabulary Learning with Wordwall. RELC Journal, 55(1), 234–239. https://doi.org/10.1177/00336882221092796
Pratiwi, I. (2021). Application of Role Playing Methods in Improving Student Speaking Skills in Class V Indonesian Language Subjects SDN 526 Buntu Kamiri, Luwu Regency. International Journal of Elementary School Teacher, 1(1), 13. https://doi.org/10.26858/ijest.v1i1.20304
Putri, F. N., & Rofiq, M. (2023). The Effectiveness of the Team Quiz Learning Model Incorporating Wordwall in PKn Learning in Islamic Elementary Schools. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 5(1), 627–646.
Rahim, A., & Dwiprabowo, R. (2020). Penerapan Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 210–217. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.651
Rijal, A., & Azimi, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Matematika SD Menggunakan Whiteboard Animation Untuk Mahasiswa PGSD STKIP PGRI Lubuklinggau. Jurnal Basicedu, 5(1 SE-Articles), 206–217. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.640
Rijal, A., & Satria, T. G. (2021). Pelatihan Pengembangan Soal Model Asesmen High Order Thinking Skills (HOTS) Untuk Guru Gugus 8 KKG SD Lubuklinggau Timur II Kota Lubuklinggau. JURNAL CEMERLANG: Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 114–123.
Role-Playing in Teacher Education with InCoLearn and its Qualitative Usability. (2024). International Journal of Serious Games, 11(1 SE-Articles), 25–44. https://doi.org/10.17083/ijsg.v11i1.681
Sentia, A., Octavanny, M. A. D., & Rijal, A. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Gambar pada Materi Kenampakan Alam di Kelas IV SDN Teluk Timbau. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 8(2 SE-Articles), 493–508. https://doi.org/10.26811/didaktika.v8i2.1407
Sumanto, I. (2018). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2), 20–30.
Widhiatama, D. A., & Brameswari, C. (2024). The Effectiveness of Wordwall in Enhancing Students’ Engagement and Motivation in Literature Classes. International Journal of Linguistics, Literature and Translation, 7(4), 15–24.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.