PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X MAN 1 INDRAMAYU TAHUN AJARAN 2024/2025

Authors

  • Tiara Oktaviani Putri PBSI FKIP Universitas Darul Ma’arif
  • Irfan Efendi PBSI FKIP Universitas Darul Ma’arif
  • Muji Zain Naufal PBSI FKIP Universitas Darul Ma’arif

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.19135

Keywords:

Project-Based Learning, Audio Visual Media, Writing Poetry

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of the project-based learning model in learning poetry texts in grade X students. This means that there is a positive and significant relationship between the use of the Implementation of the Project-Based Learning Model Using Audio Visual Media in Learning to Write Poetry in Class X Ma Negeri 1 Indramayu Students for the 2024/2025 Academic Year declared effective. This study uses an experimental method. The research design used was pre-post (Pretest-posttest design), with the research sample consisting of two classes, namely class X 5 as an experimental class with a total of 25 students and class X 6 as a control class with a total of 26 students. This study uses the collection of test data., showing that the average value of the learning outcomes of the experimental class X 5 using the project-based learning model is with a class average of 79.6 while the average value of the learning outcomes of the control class X 6 using the picture and picture learning model is 72.3. So it is obtained that t calculates = 3.380 and t table = 1.677. The comparison of the two yields t count > t table (3,380 > 1,677) thus means that Ha is accepted.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anastasia, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Melalui Media (Putri, 2023) Pembelajaran Buku Tiga Dimensi pada Siswa Kelas X SMK Swasta Abdi Negara Binjai.

Andiopenta Purba, E. P. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) pada Mata Kuliah. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13 (1), April 2023, 109-120, 109-120.

Azizah, A. (2015). Pembelajaran menulis puisi. Jurnal Ilmiah “Pendidikan dasar” Vol. II No. 2 Juli 2015, 137.

Chaer, M. T., Septiawan, Y., Hadi, S., Arlotas, R. K., Rahmayanti, N., Lubis, M. A., ... & Anggraini, W. (2020). Membangun pendidikan Indonesia berkelas dunia. Goresan Pena.

Define permana1. D. (2008). Penggunaan Media Gambar terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik. pedadidaktika: jurnal ilmiah, 196.

Dirman, R. (2022). Analisi struktur puisi dalam Kumpulan puisi “aku ini Binatang jalang” karya Chairil Anwar. Journal of Educational and Language Research Vol.1, No.11 Juni 2022, 6.

Efendi, i, (2024). Kalimat Efektif Kepewaraan Deepublish Hal 24-25.

Evitha, Y. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Economic Order Quantity (EOQ). Jurnal Logistik Indonesia Vol. 3, No. 2, Oktober 2019, pp. 88-100, 91-92.

Gugum Gumilang Wirakanda, S. M. (2020). Pengaruh sales promotion terhadap pemutusan pembelian (studi kasus di blibli.com). Jurnal Bisnis dan Pemasaran ISSN: 2087-3077 Volume 10, Nomor 1, Maret 2020, 4.

Hanita. (2023). Manajemen pendidikan berbasis proyek pada pendidikan anak usia dini. Maret 202. Vol 08. No. 01, 100.

Hendra Cipta, N. (2021). Model model pembelajaran. Bandung: Multi Kreasi Press.

Hidayat. (2022). Meningkatkan Kemampuan Speaking Siswa Kelas XII TAV SMKN 2 Kota Bima Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 2.

I Nyoman S. Degeng, M. (2016). perkembangan profesionalisme pendidik untuk membangun karakter anak bangsa. In perkembangan profesionalisme pendidik untuk membangun karakter anak bangsa (pp. 1-453). malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Isman1, T. S. (2022). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dengan media gambar terhadap kemapuan menulis puisi.

Juni Agus Simaremare, N. P. (Februari, 2021). Metode cooperative learning tipe jigsaw dalam peningkatan. In j. agus, (p. 10). bandung: Penerbit Widya Bhakti Persada Bandung.

Karina Sefia Ananda, K. L. (2023). Hubungan Authoritarian Parenting Terhadap Gangguan Psikosomatik pada Mahasiswa dalam Penyusunan Tugas Akhir Skripsi. Journal of Society Counseling Vol. 1No. 3, December 2023.

Lafamane, F. (2020). Kajian stilistika. OSF Preprints, 1-43.

Latifah, N. (2018). Pengembangan bahan ajar berbasis budaya lokal. unja.

Ma’ruf Safi’i, I. E. (2024). Penerapan metode sugesti imajinasi dengan menggunakan media video klip dalam pembelajaran menulis teks puisi pada siswa kelas X SMAN 1 Kedokan bunder tahun ajaran 2023/2024.cendekia pendidikan, 1-17. Ma’ruf Safi’i, I. E. (2024). Vol.3 No 9 Tahun 2024, 7.

Mar’ah, M. &. (2022). Pengaruh Metode pengaruh metode Pancing Kata Kunci terhadap Kemampuan Menulis Puisi Berbantuan Media Karikatur pada Kelas X. Arus Jurnal Pendidikan (AJUP), 4. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan, 254.

Miseng, S. (2017). Penerapan metode outdoor study dalam penulis puisi anak pada siswa kelas V SD inpres tamajene makassar (Doctoral dissertation, Universitas bosawa).

Monicha Fuji Harmooni, S. R. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VII di MTs Patra Mandiri Plaju palembnag. Biofilmi Vol. 1 No. 1 Edisi Agustus 2015, 23.

Monicha Fuji Harmooni1, S. R. (2018). Pengaruh penggunaan Teknik tiru model. jobsi, 59

Mustafa², N. K. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Gahaitsa: Islamic Education Journal Vol (2) Issue (1) 2021, 3-4.

Nami, H (2016). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 39-43.

Nurfaidah*, C. (2023). self-regulated learning mathematics of students learning with project -pbl learning learningd UIN Imam Bonjol International Conference on Islamic Education, 304-308.

Nurhopipah1*, A. (2021). Pembelajaran pemrograman berbasis proyek. jpkm, 7.

Nurmanjaya, T. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Menggunakan Google Meet dengan. Jurnal Education, 2-3.

Nurul Fajri, N. (2016). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Cocos Bio, 1(1).

Pratiwi, R. D. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XII 1MAN1 Ponorogo Pada Materi Persebaran Biosfer dengan Menggunakan Model Pembelajaran Crossword Puzzle Tahun Pelajaran 2019/2020. jurnal pendidikan tambusai Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022, Halaman 9216-9222.

Putri 1, M. A. (2023). penerapan Model Project Basic Learning terhadap kemampuan berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Menulis. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Vol. 9, No. 1, 2023, 1-9

Ria Rizki Eka Sari, g. S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Laboratorium. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (ISSN. 2407-6902), 107-109.

Ridha, N. (2017). Proses penelitian masalah, variabel dan paragdima penelitian. Jurnal Hikmah, Volume 14, No. 1, Januari – Juni 2017, ISSN :1829-8419, 63.

Rima Mustika Dewi, D. U. (2020). Pengembangan Keterampilan Kolaborasi pada Anak Usia Dini. Vol. 9 | No. 2 | Juli - Desember 2020, 221-2230.

Risnawati. (2023). penggunaan Model Pembelajaran Probing Prompting Dalam Aktivitas Belajar Peserta Didik. Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 57-68.

SARI, R. R. (2017). Kajian struktur puisi karya siswa kelas v sdn mrican 4 kota kediri tahun Pelajaran 2016/2017. Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 06 Tahun 2017 ISSN: aaaa-aaaa, 5.

siti mariah, m. u. (2018). Menulis puisi baru dengan menggunakan metode pembelajaran project based learning di Tingkat sekolah menengah atas. Jurnal parole Volume 1 Nomor 6, November 2018, 1-6.

Sunu Setiawan Utama, M. S. (2023). Analisis structural dalam puisi “gugur bunga “karya Pratiwi Yulia saputri. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ)Vol.1, No.4 Juli 2023, 285.

Suprayogi Suprayogi 1, B. E. (2021). Pengembangan Keterampilan Menulis Siswa SMAN 1 Semaka Melalui Web Sekolah. Madaniya, Vol. 2, No. 3, Augustus 2021, 284.

Wahyuningsih, M. I. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi melalui Project Based Learning Berbantuan Foto Keluarga. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1-8.

Wajdi, F. (2017). Implementasi project based learning (pbl). 82 Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Volume 17, Nomor 1, April 2017, hlm. 81-97, 81-97.

Yaqien, I. (2018). Meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui metode karya wisata. Jurnal Solid ASM Mataram – Volume 8 No 2 Tahun 2018, 85-86.

Yusni 1, M. B. (2022). Analisis Dampak Bullying terhadap Minat Belajar Siswa VII SMPN Satap Mataluntun Kabupaten Luwu. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol. 2, No. 3, 2022, 2.

Yusuf, A. B. (2017). Keefektifan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis siswa kelas VIII SMP Negri 33 Makassar. jurnal konfiks,1-12.

Downloads

Published

2024-09-30