ANALISIS KESALAHAN EJAAN PENGGUNAAN HURUF KAPITAL DALAM KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SD NEGERI 064981 MEDAN HELVETIA TAHUN PELAJARAN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19074Keywords:
kesalahan huruf kapital, penelitian deskrpisi kualitatif, karangan narasiAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis jenis kesalahan huruf kapital yang ada pada karangan narasi siswa kelas IV-B SD Negeri 064981 Medan Helvetia dan apa penyebabnya. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, peneliti menggunakan teknik penelitian deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan hasil karangan narasi siswa dan menganalisis kesalahan ejaan pada karangan tersebut. Dari 19 jumlah siswa kelas IV-B hanya 17 siswa yang mengumpulkan karangan narasinya, 2 siswa lainnya tidak hadir pada saaat penelitian. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 10 jenis kesalahan ejaan huruf kapital yang ada pada karangan narasi siswa dengan jumlah kesalahan sebanyak 529 kesalahan. Dari 10 jenis kesalahan yang ada, kesalahan penempatan huruf kapital di tengah-tengah kata merupakan kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa kelas IV-B SD Negeri 064981 Medan Helvetia dengan jumlah kesalahan sebanyak 433 kesalahan dengan persentase sebanyak 81,85%.Downloads
References
Prastiwi, Afiana, Nur. 2018. “Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Tataran Ejaan Dalam Karangan Siswa.” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 1: 68–78. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/451.
Apriliana, Anggi Citra, and Avini Martini. 2018. “Analisis Kesalahan Ejaan Dalam Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Sumedang Selatan.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7(2): 227.
Arikunto. 2010. Evaluasi Program Pendidikan: Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=510726.
Arina Cahyaning Prastiwi. 2017. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dengan Menggunakan Media Wayang Kartun Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Kelas IV SD Negeri 1 Bawang.” Bachelor Thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PURWOKERTO.
Cahyani, Ainun, Nurul Kemala Dewi, and Heri Setiawan. 2021. “Analisis Kesalahan Berbahasa Tulis Pada Teks Narasi Siswa Kelas V SDN 13 Manggelewa Kabupaten Dompu.” Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar 1(1): 41–49.
Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” HUMANIKA 21: 33–54.
Febriana, Nilasari Tristian, Hobri, and Nurcholif Diah Sri Lestari. “Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Watson Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Himpunan Di Kelas VII D SMP Negeri 11 Jember.” Unej: 1–5.
Hidayat, Muhamad Fachmi, Iis Kurnia Nurhayati, and Gartika Rahmasari. 2008. “KEKERASAN VERBAL DALAM VLOG GAME PADA KANAL YOUTUBE: SEBUAH KAJIAN ILMU KOMUNIKASI VERBAL.” Jurnal Sosioteknologi Volume 19,: 30–39. https://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/view/10611.
Musmulyadi. 2016. “Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan Pada Penulisan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas Viiia Smpn 10 Poleang Selatan.” Jurnal Bastra 3(3): 1–17.
Nurkamilah, Silvi, Dilla Fadhillah, and Sumiyani. 2022. “Analisis Kesulitan Menulis Karangan NArasi Siswa Kelas V SDN Duri Kosambi 06 Pagi.” Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 4: 1202–5.
Rusanti, Risa, Irfai Fathurohman, and Ika Ari Pratiwi. 2022. “Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital Dan Tanda Baca Siswa Sekolah Dasar.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 6(2): 3995–4001.
SEMBIRING MANISAH LARASATY. 2021. “ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENGGUNAKAN TANDA PETIK DAN TANDA PETIK TUNGGAL PADA TULISAN ARGUMENTASI SISWA KELAS IV SD NEGERI 104221 PANCUR BATU T.A 2019/2020.” Digital Repository Universitas Quality. http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/1055/.
Sriyanto. 2016. “Ejaan.” Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta 53(9): 1689–99.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.