EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Noberta Nissa Edina Riyantono Universitas Pradita, Indonesia
  • Amelia Makmur Universitas Pradita, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19057

Keywords:

augmented reality; media pembelajaran; sekolah dasar

Abstract

Penggunaan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) telah menjadi fokus penelitian di bidang pendidikan, terutama di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru dalam pemanfaatan AR dalam pembelajaran di sekolah, sehingga dapat memberikan pengalaman belajar yang menarik bagi siswa SD. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu pengajar dan pengembang kurikulum dalam mengoptimalkan penggunaan AR dalam pembelajaran di sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut tenaga pendidik, media pembelajaran berbasis AR untuk siswa SD memiliki potensi untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Akan tetapi, jika dilihat pada pemahaman guru terhadap penggunaan AR nilai rata-rata skor yang diperoleh ada di antara 2,6 dan 2,8. Hal ini berarti masih ada beberapa kendala dalam penggunaan media pembelajaran berbasis AR di sekolah dasar. Para tenaga pendidik percaya bahwa AR memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan berbeda dari pembelajaran konvensional. Implikasi penelitian ini adalah perlunya pengembangan dan penerapan aplikasi AR yang lebih luas dalam pembelajaran di sekolah dasar, serta perhatian terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan yang efektif dari media pembelajaran AR.

Downloads

References

Aditya, P., & Singh, R. (2021). Enhancing Elementary Education through Augmented Reality: A New Approach to Teaching and Learning. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1), 22-35.

Akbar, S., & Satrio, P. (2021). Augmented Reality and its Integration in the Teaching and Learning of Sciences. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 2(2), 172-183.

Alghamdi, R., Liu, T. C., & Hu, Y. (2017). The impact of educational technology on student achievement: What the most current research has to say. Journal of Educational and Social Research, 7(3), 13-21.

Al-Fuqaha, A., Guizani, M., Mohammadi, M., Aledhari, M., & Ayyash, M. (2015). Internet of things: A survey on enabling technologies, protocols, and applications. IEEE Communications Surveys & Tutorials, 17(4), 2347-2376.

Azuma, R. T. (1997). A survey of augmented reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments, 6(4), 355-385. doi: 10.1162/pres.1997.6.4.355

Dikmenli, Y. (2016). Game-based learning in science education: A review of relevant research. Journal of Educational Technology & Society, 19(1), 177-191

E. P. Widoyoko, Evaluasi Program Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016, p. 238

Irawan, D. (2019). Konsep Kurikulum Merdeka di Era Disrupsi Digital. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 96-105.

Kamarainen, A., Metcalf, S., Grotzer, T., Browne, A., Mazzuca, D., Tutwiler, M. S., & Dede, C. (2013). EcoMOBILE: Integrating augmented reality and probeware with environmental education field trips. Computers & Education, 68, 545-556.

Kipper, G., & Rampolla, J. (Eds.). (2012). Augmented Reality: An Emerging Technologies Guide to AR. Oxford: Elsevier.

Kurniawan, D.A., et al. (2020). Pengaruh Penggunaan Augmented Reality dalam Pembelajaran terhadap Motivasi dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(3), 1-12.

Liarokapis, F., Mourkoussis, N., White, M., & Darcy, J. (2015). Immersive learning for cultural heritage. Journal of Cultural Heritage, 16(3), 285-298.

Liyanagunawardena, T. R., Adams, A. A., & Williams, S. A. (2013). MOOCs: A systematic study of the published literature 2008-2012. The International Review of Research in Open and Distributed Learning, 14(3), 202-227.

Martinez, J., Alonso, C., Brun, M., & Pascual, J. (2017). Augmented reality as a learning tool for science education in primary school. Journal of Science Education and Technology, 26(2), 191-200.

Rahmadhani, N., & Suhendi, E. (2020). The Use of Augmented Reality (AR) Technology in Project Based Learning for Social Studies Subjects in Primary School. Journal of Primary Education, 9(4), 463-469.

Sari, D. P., & Syahrul, R. (2021). Pengembangan Modul Augmented Reality Pada Materi Energi Dan Perubahannya Berbasis Android. Prosiding Penelitian Pendidikan Fisika dan Penalaran Saintifik, 8(1), 49-56.

Serdyukov, P. (2017). Digitalization in education. International Journal of Environmental and Science Education, 12(3), 183-190.

Trucano, M. (2015). Ten things to know about ICT and education in the developing world. Center for Universal Education at Brookings.

Wu, J., Wu, Y., Li, Y., & Zhu, Q. (2015). Application of big data for education and learning analytics in China. Computers in Human Behavior, 55, 178-189.

Downloads

Published

2024-12-28