KURIKULUM MERDEKA: IMPLEMETASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TIK DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Teguh Yunianto STIT Darul Fattah Bandar Lampung
  • Muhammad Singgih STIT Darul Fattah Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19043

Keywords:

ndependent Curriculum; Indonesian language learning; ICT-based

Abstract

ABSTRACT The purpose of this study was to identify and obtain information about the implementation of the independent curriculum in Indonesian language learning in elementary schools. The method used in this study is a qualitative descriptive method, which describes the implementation and problems in the implementation of the independent curriculum in ICT-based Indonesian language learning in elementary schools so that it becomes useful information and is easy to understand by readers. Data collection techniques were carried out by observation and interviews. The results of this study indicate that the implementation of the independent curriculum in ICT-based Indonesian language learning in elementary schools has been carried out well from preparation to implementation, although in its implementation there are still problems, especially in ICT-based Indonesian language learning. The problems are 1) educators do not participate in enough training, 2) educators have not changed their mindset, while to overcome these problems educators need to attend workshops, increase a teacher's creativity and share to change the mindset in teaching. The principal as a leader must guide educators to make changes in the learning process so that the implementation of the independent curriculum based on ICT can be implemented optimally. Keywords: Independent Curriculum; Indonesian language learning; ICT-based ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan memperoleh informasi tentang implementasi kurikulum merdeka pada pemebalajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan tentang penerapan dan permasalahan dalam penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran bahasa Indonesia berbasi TIK di sekolah dasar sehingga menjadi informasi yang berguna dan mudah dipahami oleh pembaca. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran bahasa Indonesia berbasis TIK di sekolah dasar telah dilaksanakan dengan baik dari Persiapan hingga pelaksanaan, walaupun dalam pelaksanaannya masih terdapat permasalahan khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis TIK. Adapun permasalahan tersebut yaitu 1) pendidik kurang mengikuti pelatihan, 2) pendidik belum berubah mindset, adapun untuk mengatasi permasalahan itu pendidik perlu mengikuti workshop, meningkatkan kreativitas seorang guru dan sharing untuk mengubah mindset dalam mengajar. Kepala sekolah sebagai pemimpin harus membimbing pendidik untuk melakukan perubahan dalam proses pembelajaran sehingga penerapan kurikulum merdeka berbasis TIK dapat dilaksanakan secara optimal. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka; Pembelajaran bahasa Indonesia; Berbasis TIK

Downloads

Download data is not yet available.

References

arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Damayanti, A. D., Jannah, A. N., & Agustin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Muhammadiyah 19 Sawangan. Prosiding Samasta, 0, 0.

Darajat, Z. (2009). Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara.

Fatonah, S., & Yunianto, T. (2021). The Development Of Professional Flip Pdf Based Learning Media In Thematic Learning At The Third Grade Students Of Elementary School. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 24(1), 1.

Fhabella, A., & Kuntari, S. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran (Audio-Visual) Dalam Mata Pelajaran Sosiologi Berdasarkan Teori Belajar Behavioristik Pada Peserta Didik Di Sma Negeri 2 Kota Serang. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 214–221.

Inayati, U. (2022). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad-21 Di Sd/Mi. Icie: International Conference On Islamic Education, 2(0), 0.

Indrawati, P., Prasetya, K. H., Ristivani, I., & Restiawanawati, N. M. (2022). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik). Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: Jppp, 3(3), 3.

Khoirurrijal, K. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Cv Literasi Nusantara Abadi.

Nirmala, S. U., Agustina, A., Robiah, S., & Ningsi, A. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 1.

Pusdatin, K. (2021). Merdeka Belajar Bersama Rumah Belajar. Pusdatin Kemendikbud.

Redana, D. N., & Suprapta, I. N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sma Negeri 4 Singaraja. Locus, 15(1), 1.

Ritonga, M. (2018). Politik Dan Dinamika Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan Di Indonesia Hingga Masa Reformasi. 5(2).

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Studi Kasus Di Tk Muslimat Nu Maslakul Huda. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 1.

Sartini, & Mulyono, R. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mempersiapkan Pembelajaran Abad 21. Didaktik : Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 8(2), 2.

Setiawati, F. (2022). Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Terhadap Pembelajaran Di Sekolah. NiẒāmul`Ilmi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 1.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Afabeta.

Widyastono, H. (2013). Pendayagunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dalam Pengembangan Pembelajaran Dan Manajemen Sekolah Rintisan Penerapan Kurikulum 2013.

Yunianto, T., Maratul, Q., & Nur, H. A. (2022). Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(I), I.

Yunianto, T., Qiftiyah, M., Malinda, T., & Septiani, N. (2023). Penerapan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sd. Al Mufid, 4(1), 1.

Downloads

Published

2025-01-01