PROSES PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN DAN TANTANGAN KONTEMPORER
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.19028Keywords:
Pengembangan Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, ProsesAbstract
Kurikulum memainkan peran krusial dalam keberhasilan pendidikan agama Islam. Seiring perkembangan dan kemajuan zaman, diperlukan pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam untuk mengevaluasi pembelajarannya, sehingga tetap relevan dengan kebutuhan dan tantangan masa kini. Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Terdapat beberapa tahapan penting untuk diketahui dalam proses pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam, sebab dalam Proses pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam harus melibatkan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah, pendidik, peserta didik, dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode library research guna memperoleh tulisan atau catatan yang berkaitan dengan proses pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam, baik berupa buku, artikel dan lain-lain. Kemudian temuan tersebut dianalisis menggunakan deskriptif analitik yaitu dengan dibaca, dianalisis, diolah dan disimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam melibatkan beberapa tahapan, termasuk perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Melalui proses ini, pengembangan kurikulum dapat menghasilkan kurikulum yang responsif, relevan, dan efektif dalam memenuhi kebutuhan serta tantangan kontemporer.Downloads
References
Ahmad, H. M. (1998). Pengembangan Kurikulum. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Amalina, A. (2023). Peran guru dalam proses pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2794–2802.
Fathoni, M. K. (2005). Pendidikan Islam dan pendidikan Nasional: Paradigma Baru. Jakarta: Derektorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Hadi, S. (2004). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.
Idi, A. (2014). Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat dan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ikhwan, W. K. (2015). Implementasi Standar Isi, Standar Proses, Standar Lulusan Sebagai Standar Mutu pendidikan MTs Negeri Di kabupaten Tulungagung: Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 16–22. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.68
Irsad, M. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah. Jurnal Iqra’ Kajian Ilmu Pendidikan, 2(1).
Kementrian Agama RI. (t.t.). KMA Nomor 165 Tahun 2014 tentang Pedoman Kurikulum Madrasah 2013 Mapel PAI dan Bahasa Arab. Diambil 24 April 2024, dari https://2017.kemenag.go.id/home/artikel/28651/kma-nomor-165-tahun-2014-tentang-pedoman-kurikulum-madrasah-2013-mapel-pai-dan-bahasa-arab-
Menteri Pendidikan Nasional. (2006). Permendiknas no 23 tahun 2006 tentang standar kompetensi lulusan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.
Muhammad. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Mataram: Sanabil. Diambil dari https://repository.uinmataram.ac.id/69/1/Pengembangan%20kurikulum%20PAI-Muhammad.pdf
Nata, A. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media.
Nurmadiah, N. (2014). Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Afkar : Manajemen pendidikan Islam, 2(2). https://doi.org/10.28944/afkar.v2i2.93
Pranata, R., Fadilah, M., Alpiani, D. A., & Pratama, J. (2023). Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Pengertian Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 1(3), 467–472.
Raharjo, R. (2010). Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Magnum Pustaka.
Rahmat, R., & Almubarak, M. (2021). Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 4(1). https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i1.927
Sitika, A. J., Zanianti, M. R., Putri, M. N., Raihan, M., Aini, H., Nur’Aini, I., & Sobari, K. W. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Memperkuat Nilai-Nilai Keagamaan. Journal on Education, 06(01).
Sugiana, A. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Implimentasinya di MTs Nurul Ummah Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 17–34. https://doi.org/10.14421/jpai.jpai.2019.161-02
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sya’bani, M. A. Y. (2018). Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam dalam presepektif pendidikan nilai. TAMADDUN, 19(2), 101. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.699
Tafsir, A. (2000). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (t.t.). Diambil 9 Maret 2024, dari Database Peraturan | JDIH BPK website: http://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.