IMPLEMENTATION OF PROJECT BASED LEARNING TO IMPROVE STUDENTS' UNDERSTANDING ON ENERGY FORMS TOPIC IN 4TH GRADE SDN KERTOSARI 02
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19003Keywords:
Project Based Learning; Understanding; Forms of EnergyAbstract
Proses pembelajaran menjadi kurang efektif apabila guru hanya menyampaikan materi secara konvensional atau dengan metode bercerita. Siswa cenderung pasif karena tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran dan kurang memahami materi. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa. Salah satu model pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran berbasis proyek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa pada materi “Bentuk-bentuk Energi” di SDN Kertosari 02 melalui model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kertosari 02 yang berjumlah 11 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Selain itu, peneliti juga menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif diperoleh dari hasil observasi dan data kuantitatif dari hasil tes. Berdasarkan hasil analisis data pada kegiatan pra siklus, persentase ketuntasan belajar hanya 27,27% dengan hanya 3 siswa yang tuntas dan 8 siswa yang tidak tuntas. Setelah menerapkan model pembelajaran berbasis proyek terjadi peningkatan pada siklus I, persentase ketuntasan belajar menjadi 54,54%. Ada 6 siswa yang tuntas mengerjakan soal dan 5 siswa yang tidak tuntas. Selanjutnya terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus II dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 90,90%. Ada 10 siswa yang tuntas mengerjakan soal dan hanya 1 siswa yang tidak tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV pada materi “Bentuk-Bentuk Energi”.Downloads
References
Dahri, N. (2022). Problem and Project Based Learning (PPjBL) Model Pembelajaran Abad 21 (M. Dewoi, Ed.; 1st ed.). Muharika Rumah Ilmiah. https://muharikarumahilmiah.com/
Hamidah, H., Rabbani, T. A. S. R., Fauziah, S., Puspita, R. A., Gasalba, R. A., & Nirwansyah. (2020). HOTS-Oriented Modul: Project Based Learning.
Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian.
Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian.
Rasyid, F. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. IAIN Kediri Press.
Sadiyyah, I., & Samsudin, A. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Materi Perubahan Energi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 2(1). https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/saee
Simeru, Ar., Nasution, T., Takdir, M., Siswati, S., Susanti, W., Karsiwa, W., Suryani, K., Mulya, R., Friadi, J., & Nelmira, W. (2023). Model Model Pembelajaran.
Standar, B., Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, D., & Teknologi, D. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A-Fase C Untuk SD/MI/Program Paket A.
Suhelayanti, Z, S., Rahmawati, I., Tantu, Y. R. P., Kunusa, W. R., Suleman, N., Nasbey, H., Tangio, J. S., & Anzelina, D. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS).
Taherdoost, H. (2021). Data Collection Methods and Tools for Research; A Step-by-Step Guide to Choose Data Collection Technique for Academic and Business Research Projects. In International Journal of Academic Research in Management (IJARM) (Vol. 2021, Issue 1). https://hal.science/hal-03741847
Yuniasih, E., Hadiyanti, A. H. D., & Zaini, E. (2022). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6670–6677. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3380
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.