HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA
Penelitian Korelasi pada Siswa Kelas V SDN Polisi 4 Kota Bogor
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v1i1.190Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil belajar IPS siswa di SDN Kota Bogor.Penelitian ini dilaksanakan dilaksanakan di SDN Polisi 4 Kota Bogor, dengan subyek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian metode kuantitatif untuk mengetahui sejauh mana hubungan atara motivasi berprestasi siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil belajar IPS siswa di kelas V. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif antara variabel motivasi berprestasi siswa sebagai variabel X1 dan variabel kemampuan berpikir kritis siswa sebagai X2 dengan variabel hasil belajar IPS siswa sebagai variabel Y. nilai R square sebesar 0.873, yang berarti peran atau kontribusi variabel motivasi berprestasi siswa dan variabel kemampuan berpikir kritis siswa mampu menjelaskan variabel hasil belajar IPS siswa sebesar 87.3%. Implikasi dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa hasil belajar IPS siswa dapat mempengaruhi motivasi berprestasi siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: motivasi berprestasi siswa, kemampuan berpikir kritis siswa, dan hasil belajar IPSDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2016-11-21
Issue
Section
Articles