ANALISIS PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TENTANG DIMENSI KREATIF PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS V A DI SDN KERTAUNGARAN
Keywords:
Program P5, Kurikulum merdeka, Dimensi kreatifAbstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa banyak peserta didik yang masih kurang dalam dimensi kreatif adapun beberapa permasalahan peserta didik saat guru melakukan kegiatan pembelajaran peserta didik kurang kreatif dalam mengembangkan suatu ide atau gagasannya. Metode penelitian yang diterapkan dalam studi ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah cara penelitian yang menghasilkan data deskriptif dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan dari individu atau perilaku yang dapat diamati. Pada penelitian ini partisipan yang diteliti yaitu Kepala sekolah, guru kelas V A dan 11 Siswa kelas V A. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan untuk program P5 dilaksanakan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) sebagai bagian dari intrakurikuler, bukan ekstrakurikuler. Oleh karena itu, materi harus disiapkan dengan baik karena program ini melibatkan banyak kolaborasi. Dalam penyusunan kurikulum, kepala sekolah menjelaskan bahwa sekolah berkolaborasi dengan komite sekolah, dewan guru, dan pengawas. Menghadapi perubahan kurikulum, kepala sekolah menyampaikan bahwa sekolah harus mempersiapkan sumber daya manusia, khususnya guru-guru, agar dapat mengikuti perkembangan program pemerintah. Dimensi kreatif yang diterapkan di kelas V melibatkan berbagai pendekatan untuk mendorong siswa berpikir orisinal dan inovatif. Dalam proses pembelajaran, siswa diajak untuk memecahkan masalah dengan cara yang unik, di mana mereka bebas mengeksplorasi berbagai solusi di luar pendekatan yang biasa.Downloads
References
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749
Astuti, N. R. W., Fitriani, R., Ashifa, R., Suryani, Z., & Prihantini. (2023). Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26906–26912.
D.A. Olivia Yana, Ariyanto, P., & Huda, C. (2022). Analisis Penguatan Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Pada Fase B di SD Negeri 02 Kebondalem. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 12861–12866.
Dasar, S. (2020). Jurnal basicedu, 4(18), 1291–1301.
Dewi, S., Mariam, S., & Kelana, J. B. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Ipa Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contexual Teaching and Learning. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 02(06), 235–239.
Mufti, N. A., & Purnamasari, I. (2023a). Analisis Muatan Dimensi Kreatif pada Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Muhammadiyah 02 Kendalsari. Pena Edukasia, 1(3), 269–275.
Mufti, N. A., & Purnamasari, I. (2023b). Analisis Muatan Dimensi Kreatif pada Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Muhammadiyah 02 Kendalsari. Pena Edukasia, 1(3), 269–275.
Nurfida. (2023). Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Menurut Teori Aktivitas Engestrom (Studi Kasus Di Smp Negeri 131 Jakarta Dan Sma Negeri 1 Parung), 1–93.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.