PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL CIRCUIT LEARNING DI KELAS IV SDN 11 BUKIT APIT PUHUN KOTA BUKITTINGGI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18925Keywords:
Menulis, Teks Narasi, Model Circuit LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis narasi peserta didik menggunakan model Circuit Learning di kelas IV SDN 11 Bukit Apit Puhun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil perencanaan, pelaksanaan, dan pengamatan menggunakan model Circuit Learning. Teknik pengumpulan data adalah tes dan non tes. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN 11 Bukit Apit Puhun Kota Bukittinggi yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian modul ajar siklus I menunjukkan rata-rata 86,25 (B), meningkat pada siklus II menjadi 95(A). Penilaian aktivitas guru siklus I yaitu 83,75 (B), meningkat pada siklus II menjadi 92,5(A). Penilaian aktivitas peserta didik siklus I yaitu 83,75 (B), meningkat pada siklus II menjadi 92,5 (A). Penilaian terhadap keterampilan menulis peserta didik pada teks narasi pada siklus I yaitu 79,7(C), meningkat pada siklus II menjadi 89,40 (B). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model Circuit Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi peserta didik di kelas IV SDN 11 Bukit Apit Puhun Kota Bukittinggi.Downloads
References
Ahmad, A. (2017). Penerapan Permainan Bahasa (Katarsis) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Iva Sd Negeri 01 Metro Pusat. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 75. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7024
Agusti, R., Syahrul, R., & Hakim, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Berbasis Pendekatan Kontruktivisme di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 930-942.
Aswita, D., Taufina, & Syahrul. (2017). Development of Teaching Material for Narrative Writing using Graphic Organizer Story Map in Elementary School. International Journal of Research in Counseling and Education, 1(1), 22–26
Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers
Dewi, D. K., & Haryadi, H. (2022). Pengaruh Model CIRC terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Kelas IV SD. Journal of Elementary School (JOES), 5(2), 247–258. https://doi.org/10.31539/joes.v5i2.4278
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633
Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatic.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Isroyati, I., Hapsari, F. S., & Prasasty, A. T. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Bertanya dengan Model Pembelajaran Question Student Have pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MI Al-Hidayah Cipayung Kota Depok. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 6(2), 315. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i2.499
Pratiwi, N. W. E. S. (2018). Kemampuan Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Torue dalam Menulis Teks Berita. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(4), 10.
Rahmatina, & Sukma, E. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Strategi Mind Map di Sekolah Dasar Rahmatina & Elfia Sukma PGSD FIP UNP Padang. Unp, 1 no. 1, 8. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/prosidingpgsd/article/view/4856
Syahrial, S. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Circuit Learning: Suatu Upaya dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(2), 285.
Ngalimun.(2017).Strategi Pembelajaran, Dilengkapi dengan 65 Model Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu.
Mahyudin, R., Sukma, E., Desyandri, & Mansur. (2017). Improved The Skills Writing With Animation Picture Media In Class IV Elementary School. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 12–28.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.