MENINGKATKAN HASIL BELAJAR UNSUR INTRINSIK CERITA FIKSI MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE SCRIPT PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.18910Keywords:
Content, Cooperative Script, Classroom Action ResearchAbstract
This study aims to enhance the learning outcomes of V grade students at SDN Dukuh Kupang I/488 Surabaya by implementing a cooperative script approach combined with pop card media. The research method used is Classroom Action Research (CAR), with data collected through tests, interviews, and observations. The average learning outcome recorded in the pre-cycle was 57.57%, which increased to 64.10% in Cycle I. Additionally, Cycle II showed a significant improvement in analyzing intrinsic elements of fictional texts, achieving an average of 80.60%. Thus, it can be concluded that the students' learning outcomes demonstrated a noticeable improvement and met the success criteria.Downloads
References
Ryan, C., Praditya, P., & Haryana, K. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode Tps Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Di Smk Negeri 1 Magelang. In Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif (Vol. 3, Issue 1).
Husain, S. N., & Ritman Ishak Paudi Mahasiswa Program Guru Dalam Jabatan, dan. (n.d.). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Alat Peraga IPA Kelas IV SD Inpres 1 Siney. In Jurnal Kreatif Tadulako Online (Vol. 4, Issue 6).
Tulasan, S. S. (n.d.). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik Bagi Siswa Kelas Ii Sd Tulasan.
Huda, A. I. N., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1594–1601.
Rahmawati, I., & Melinda, C. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Script Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 31(1).
Mangundap, E. G. M., Katuuk, D. A., Monigir, N. N., & Kumolontang, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tomohon. 4(1), 2723–8199.
Erawati Negeri, D. S., & Bulan, P. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SD Negeri 6 Pajar Bulan. In SHEs: Conference Series (Vol. 5, Issue 5).
Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 33.
Wicaksono, D., Teknologi Pendidikan, M., Muhammadiyah Jakarta, U., & Ahmad, J. K. (n.d.). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas Iv Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten.
Ahmad Dahlan Jl Kapas, U., & Yogyakarta, S. (2013). Widodo / Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VII MTS Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013 Widodo, Lusi Widayanti. Jurnal Fisika Indonesia, 49.
Muflihah Madrasah Tsanawiyah Negeri, A., & Tangerang Banten, K. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1).
Negeri, S., & Kecamatan Barabai Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan, M. (2021). Penggunaan Media Benda Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ma-tematika Materi Bangun Ruang Sederhana pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Mandingin. 7(2), 1–8.
Aryanti Negeri, D. S., & Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara, S. (n.d.). Peningkatan Hasil Belajar Materi Pecahan Melalui Media Visual Di Kelas IV Sekolah Dasar Info Artikel Abstract Sejarah Artikel. 6(1), 27.
Nur Isnaini, S. (n.d.). Penggunaan Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. In Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 7, Issue 1).
Zainal, Z., & Maryam, S. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN 79 Parepare. In Journal of Mathematics Education and Science (Vol. 5, Issue 2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.