DESAIN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERPUSAT PADA PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18851Keywords:
Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Berpusat Pada Peserta Didik, Desain Kurikulum.Abstract
Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moral siswa sesuai dengan nilai-nilai Islam. Seiring dengan perkembangan zaman, pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik telah diakui sebagai metode yang lebih efektif dalam mencapai tujuan pendidikan yang komprehensif dibandingkan dengan pendekatan tradisional yang berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan desain pengembangan kurikulum PAI yang berpusat pada peserta didik, mengidentifikasi tantangan-tantangan dalam penerapan kurikulum ini, serta menyediakan solusi praktis untuk mengatasi tantangan tersebut dan memastikan kurikulum PAI yang berpusat pada peserta didik dapat diterapkan secara efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan menganalisis berbagai referensi yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran berpusat pada peserta didik dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam proses belajar, meskipun terdapat beberapa tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan kesiapan guru. Diperlukan solusi praktis dan dukungan yang memadai untuk mengatasi tantangan ini agar tujuan dari kurikulum PAI yang berpusat pada peserta didik dapat tercapai dengan optimal.Downloads
References
Afif, N. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Millenium Ketiga. CV. Abdi Fama Group.
Ansyar, M. (2017). Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan. Prenada Media.
Arifin, Z. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah. Erlangga.
Aulia, M. G., Agung, M., Rokhimawan, & Nafiisah, J. (2022). Desain Pengembangan Kurikulum dan Implementasinya untuk Program Pendidikan Agama Islam. Journal of Education and Teaching, Vol. 3(No. 2).
Baharun, H. (2017). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik (Konsep, Prinsip, Model, Pendekatan dan Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum PAI. Pustaka Nurja.
Hamalik, O. (2007). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Remaja RosdaKarya.
Hamdan. (2014). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Teori dan Praktek. In Aswaja Pressindo.
Harahab, M. (2020). Keterampilan Abad 21 dalam Pembelajaran. Alfabeta.
Hayırsever, D. B. J. and F. (2016). Student-centred Learning: How Does It Work in Practice? British Journal of Education, Society & Behavioural Science, 18(3).
Khilmiyah, A. (2019). Metode Pembelajaran Pendidikan Islam. Penerbit Samudra Biru.
Kusumawati, H. A. T. H. (2023). Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Terpusat Pada Mata Pelajaran. Jurnal Paramurobi, 6(2).
Lestari, sri. (2020). Modul Sesi Komponen dan Desain Pengembangan Kurikulum. Universitas Esa Unggulan.
Mulyasa, E. (2013). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Remaja RosdaKarya.
Nasution, A. H. (2021). Pendekatan Pembelajaran Mendalam. Pustaka Belajar.
Nurlaeli, A. (2020). Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Madrasah Dalam Menghadapi Era Milenial. Jurnal Wahana Karya Ilmiah_Pascasarjana (S2) PAI Unsika, 4(2).
Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Pendidikan Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.
Sari, R. (2019). Metode Pembelajaran yang Efektif. Unesa Press.
Sholikhah. (2017). Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Journal Kuttab, 1(2).
Sisdiknas, U. (n. d. ). (n.d.). Undang-Undang Sekretariat Negara RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Citra Umbara.
Solichin, M. M. (2018). Teori Belajar Humanistik Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam: Telaah Materi Dan Metode Pembelajaran. Jurnal Studi Islam; Islamuna, 5(1).
Suparno, P. (2021). Motivasi Belajar Siswa. Grasindo.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Belajar.
Suyanto, & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Esensi Erlangga Group.
Umar, D. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Transformatif. Deepublish CV; Budi Utama.
Wang, L. (2023). The Impact of Student-Centered Learning on Academic Motivation and Achievement: A Comparative Research between Traditional Instruction and Student-Centered Approach. Journal of Education, Humanities and Social Sciences, Vol. 22.
Wati, R. (2019). Partisipasi Aktif Siswa dalam Pembelajaran. Mizan.
Wena, M. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara.
Widodo, H. (2023). Pengembangan Kurikulum PAI (Cet. 1). UAD Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.