PENDIDIKAN ORANG DEWASA DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18838Keywords:
Education, Adults, Al-QuranAbstract
Saat ini problematika orang dewasa yang sangat sering dijumpai salah berkaitan dengan dunia pendidikan. Tidak sedikit yang mengesampingkan peranan pendidikan bagi orang dewasa. Berbeda dengan pola pendidikan pada anak, objek orang dewasa menghendaki pengajaran yang lebih kompleks. Tidak lagi berperan menjadi seseorang yang mau menerima begitu saja sebuah pengetahuan. Mereka yang disebut sebagai orang dewasa sudah mulai mampu mengelola kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual. Ranah yang dimaksud sebagai orang dewasa adalah mereka yang memiliki kematangan dalam ranah biologis, psikologis dan sosial. Sebagai agama yang memberikan pedoman atas semua yang dilakukan oleh manusia. Al-Quran memberikan pemahaman terkait dengan prinsip yang harus dijalani dalam proses pendidikan orang dewasa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kepustakaan (Library Research). Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari beberapa literatur yang mendukung kebutuhan data yang diperlukan. tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengenalisis dan mendeskripsikan bagaimana Al-Quran memandang pendidikan orang dewasa yang dalam teori barat dikenal dengan istilah andragogi. Hasil peneliyian menunjukkan bahwa penting bagi setiap calon pendidik mengetahui dan memahami bagaimana konsep pendidikan andragogi dan prinsipnya. Dewasa kini pendidikan selalu hanya berpusat dari seorang subjek didik kepada objeknya. Hal ini mungkin dapat diberlakukan bagi pendidikan anak. Namun, bagi pendidikan orang dewasa hal ini tidak dapat lagi diberlakukan mengingat mereka adalah sebuah objek yang juga memiliki pengalaman dan kemampuan nalar yang dapat dikatakan menuju sempurna. Kata Kunci: Pendidikan, Orang Dewasa, Al-QuranDownloads
References
AG, Turham. “Konsep Dan Teori Belajar: Dalam Perspektif Pendidikan Islam Dan Konseling.” Ta’dib 11, no. 1 (2022): 14–22. https://doi.org/10.54604/tdb.v11i1.14.
Alfurqan, and Rini Rahman. “Pendidikan Orang Dewasa Yang Dikembangkan Rasullullah.” Journal of Islamic Studies 1, no. 1 (2017): 15–29.
Amrullah, Muhlasin, Nur Lailatul Khasanah, Mahardika Darmawan Kusuma Wardana, and Khizanatul Hikmah. “Analisis Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Sekolah Dasar Negeri Sidoarjo.” JPE (Jurnal Pendidikan Eduta) 10, no. 2 (2023): 41–52.
Bakri Anwar. “Konsep Pendidikan Andragogi Menurut Pendidikan Islam.” Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan 6, no. 1 (2017): 28–48. https://doi.org/10.24252/ad.v6i1.4864.
Aris, Aris. “Metode Pendidikan Islam Dalam Perspektif Al-Quran.” Tsaqafatuna 4, no. 1 (2022): 91–100. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v4i1.163.
Fikri, Mumtazul. “KONSEP PENDIDIKAN ISLAM; Pendekatan Metode Pengajaran.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 11, no. 1 (2017): 116. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.66.
Hafid, Ubabuddin Din. “Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Islam.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2018): 93–98. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i1.3428.
Halik, Abdul. “METODE PEMBELAJARAN: PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM Oleh: Abdul Halik.” Jurnal Al-‘Ibrah I, no. 1 (2012): 46.
Harahap, Ahmad Sukri. “Metode Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam.” Jurnal Hikmah 15, no. 1 (2018): 13–20.
Herlina, Herlina. “Konsep Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadis.” As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga 6, no. 1 (2023): 427–37. https://doi.org/10.47467/as.v6i1.5005.
Hilmansyah, Deden, and Komarudin. “Analisis Perkembangan Peserta Didik Dan Perkembangan Agama Peserta Didik Perspektif Al-Quran.” Al Afkar : Journal For Islamic Studies 6, no. 1 (2023): 2023. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i1.441.
Husaini, H. “Hakikat Tujuan Pendidikan Agama Islam Dalam Berbagai Perspektif.” Cross-Border: Jurnal Kajian Perbatasan Antarnefara, Diplomasi Dan Hubungan Internasional 4, no. 1 (2021): 114–26.
Ideharmida, Dilla, Solfema Solfema, and Irmawita Irmawita. “Pembelajaran Membaca Al-Quran Bagi Orang Dewasa (Studi Kasus Pada Kelas Talaqqi Dasar Dan Talaqqi Plus Di Lembaga Pendidikan Al-Quran Ash Habul Quran Kota Payakumbuh).” SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) 6, no. 1 (2018): 22. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9465.
Irodati, Fibriyan. “Capaian Internalisasi Nilai-Nilai Religius Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” JURNAL PAI: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2022): 45–55. https://doi.org/10.33507/pai.v1i1.308.
Jai, Ani Jailani, Chaerul Rochman, and Nina Nurmila. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Siswa.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 2 (2020): 257–64. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.4781.
Malik, Halim K. “Teori Belajar Andragogi Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran.” Inovasi 5, no. 2 (2008): 1.
Nawawi, Ahmad, and Farhad Muhammad. “REKONSTRUKSI ANDRAGOGI PENDIDIKAN ISLAM Kusaeri” 9 (2024). https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v9i1.7994.
Nurrita, Teni. “Kata Kunci : Media Pembelajaran Dan Hasil Belajar Siswa” 03 (2018): 171–87.
Purnamasari, Dewi. “Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran.” Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 1, no. 1 (2017): 1. https://doi.org/10.29240/jbk.v1i1.233.
Rahman, A, and D S Elshap. “Implementation of the Power of Motivation to Learn in an Andragogy Approach.” Jurnal Empowerment 5, no. 2 (2018): 1–12. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/548.
Ramli, M. “Hakikat Pendidikan Dan Peserta Didik.” Tarbiyah Islamiyah 5, no. 1 (2015): 61–85. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1825.
Risdiany, Hani. “Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam.” Seminar Nasional Ilmu … 3, no. 2 (2021): 197. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/163/163.
Rouf, Abdur. “Pengembangan Kreativitas Belajar Guru Akidah Akhlak.” Jurnal Elementary 7, no. 1 (2019): 125–32.
Sahbana, M. Dwi Rahman. “Hakikat Sumber Daya (Fitrah, Akal, Qalb, Dan Nafs) Manusia Dalam Pendidikan Islam.” Journal of Counseling, Education and Society 3, no. 1 (2022): 1. https://doi.org/10.29210/08jces155000.
Subagiya, Bahrum. “Dalam Penelitian PAI *” 12 (2023): 43. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.14113.
Sumar, Sumar. “Andragogi Dan Tujuan Pendidikan Islam.” Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan 9, no. 1 (2018): 118–34. https://doi.org/10.32923/maw.v9i1.719.
Susanti, Heri. “Manajemen Pendidikan, Tenaga Kependidikan, Standar Pendidik, Dan Mutu Pendidikan.” Asatiza: Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (2021): 33–48. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.254.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.