PENERAPAN MODEL LESSION STUDY UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BIOMEKANIKA DAN KINISIOLOGI MAHASISWA FIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
Keywords:
Lession Study, kualitas pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kualitas pembelajaran biomekanika dan kinesiologi menggunakan model Lession Study pada mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. Kualitas pembelajaran berdampak pada kesulitan dalam pencapaian kompetensi bagi mahasiswa. Salah satu upaya untuk meningkatkan kembali kualitas pembelajaran adalah penerapan Lession Study. Lession study merupakan model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Proses ini dilakukan untuk mengidentifikasi masalah pembelajaran, merencanakan langkah- langkah pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif, terdiri dari 1. Deskripsi, 2. Validasi, 3. Interprestasi. Berdasarkan hasil refleksi dan diskusi, pembelajaran model Lession Study dengan menyiapkan materi menggunakan audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran biomekanika dan kinesiologi.Downloads
References
Lewis, C. C. (2002). Lesson Study: A Handbook of Teacher-Led.
Nugroho, S. (2001). MODEL LESSON STUDY UNTUK PENINGKATAN PEMBELAJARAN PADA PERKULIAHAN KINESIOLOGI, 46- 57.
Sukarno. (2016). MODEL LESSON STUDY DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN PADA PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS TARBIYAH DAN TADRIS IAIN BENGKULU.
Sukirman. (2006). Peningkatan Profesional Guru Melalui Lesson study.
Sumardi, Y. (2008). Perangkat Pendukung dalam Pelaksanaan lesson study.
Sutowijoyo. (2016). STUDI PENERAPAN LESSON STUDY DALAM PENINGKATAN EFEKTIVITAS PRAKTEK PEMBELAJARAN DI MTs NEGERI.
Wahyuni, N. W. (2019). Penerapan Model Lesson Study untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.