PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI KELAS IV SD NEGERI 1 PANGKALPINANG

Authors

  • Cinda Chantyka PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Diana Pramesti PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Said Akhmad Maulana PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18775

Keywords:

Contextual teaching and learning, kegiatan ekonomi, pemahaman

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa pada materi kegiatan ekonomi. Bentuk pembelajaran sebelumnya adalah metode konvensional berbantuan video pembelajaran, namun meskipun guru memakai video pembelajaran, video yang ditampilkan tersebut kurang merepresentasikan materi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning terhadap pemahaman siswa pada materi kegiatan ekonomi kelas IV SD Negeri 1 Pangkalpinang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Quasi - Experimental Design ( The Non-Equivalent Design) . Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yang menggunakan seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Pangkalpinang. Instrumen utama yang digunakan penelitian ini adalah tes berbentuk esai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pengujian hipotesis Paired Samplel t-Test , diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, artinya terdapat perbedaan pemahaman siswa di kelas eksperimen pada saat pretest dan posttest , dan untuk pengujian hipotesis Independen Sample T diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, artinya terdapat perbedaan pemahaman siswa pada kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan yang tidak diberikan.  Kata Kunci: Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual , Pemahaman, Kegiatan Ekonomi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Alrifalh, N. (2018). Palndualn Lengkalp Menyusun daln Menulis Skripsi, Tesis, daln Disertalsi Lengkalp dengaln Teknik Jitu Menyusun Proposall Algalr Disetujui. Alralskal.

Halnief, Y. N., & Himalwalnto, W. (2017). Staltistik Pendidikaln. Deepublish.

Ismalil, F. (2018). Staltistikal Untuk Penelitialn Pendidikaln daln Ilmu Ilmu Sosiall. PRENAlDAl MEDIAl GROUP

Mulyaldi, D. (2022). Peningkaltaln Kealktifaln Belaljalr Siswal dallalm Maltal Pelaljalraln Ekonomi melallui Pembelaljalraln Online. My Calmpalign Journall, 3(3), 59–69.

Nalbilal, N., Halrjono, Al., & Ermialnal, I. (2021). Pengalruh Keteralmpilaln Proses IPAl Kelals IV dengaln Model Student Falcilitaltor alnd Explalining (SFE). BIOCHEPHY: Journall of Science Educaltion, 1(1), 24–30. https://doi.org/10.52562/biochephy.v1i1.212

Nurhalswindal, Putri, I. C., Wirnal, M., Tunnur, M. Al., Putri, E. F., Ralhmal, F., Malrdaltillalh, Al., Nalzifalh, S., Restialnal, S., Sunalrsi, P. I., Alnggralini, S., Aljeli, F., Algustinal, R., Ralhmaln, J., Dalrialnsyalh, J., Putri, C. Al., Aluliyalh, Al., Resnallti, Salfrialnis, S., … Walidaltun. (2023). Staltistik Pendidikaln (Teori daln Pralktik dallalm Pendidikaln). Guepedial.

R, N., Khristiyono, & Al, I. M. j. (2022). ESPS IPAlS 4 Volume 2 untuk SD/MI Kelals IV. Erlalnggal.

R, S., & Malidiyalh, E. (2017). Buku Aljalr Staltistik Dalsalr. Kuallal Syialh University Press.

Sugiyono. (2021). METODE PENELITIAlN KUAlNTITAlTIF KUAlLITAlTIF daln R&D. Allfalbetal.

Jurnall :

Alfriyalni, Pralmesti, D., & Alralfaltun, S. K. (2023). Pengalruh Model Think Palir Shalre (TPS) Terhaldalp Pemalhalmaln Siswal Paldal Malteri Pecalhaln Kelals IV SD Negeri 2 Mendo Balralt. Pendals: Jurnall Ilmialh Pendidikaln Dalsalr , 08(02), 6276–6284.

Alsrul, & Pial, M. (2022). Implementalsi Model Mind Malpping terhaldalp Krealtivitals Belaljalr IPAl Pesertal Didik di Sekolalh Dalsalr. Jurnall Palpedal, 4(2), 169–174.

Halnifalh, F. (2022). Peneralpaln Model Contextuall Tealching Alnd Lealrning (CTL) Terhaldalp Pemalhalmaln Konsep Maltemaltis Siswal Kelals V SD Negeri 02 Sidomukti. Institut Algalmal Islalm Negeri Metro

Halryalnti, W., Aldisel, Syalfri, F. S., & Suryalti. (2021). Pengalruh Medial Dual Dimensi Terhaldalp Pemalhalmaln Konsep Maltemaltikal Siswal Kelals IV SD Negeri 09 Selumal. Journall of Elementalry School (JOES), 4(2), 160–165.

Halyalti, F. (2021). Kalralkteristik Perkembalngaln Siswal Sekolalh Dalsalr : Sebualh Kaljialn Literaltur. Jurnall Pendidikaln Talmbusali, 5(1), 1809–1815.

Ralsyidalh, S. N. L., Alrialnal, S. P., Salkmall, J., & Dalllion, E. (2024). Peneralpaln Model Contextuall Tealching Alnd Lealrning Untuk Meningkaltkaln Halsil Belaljalr IPAl Siswal Sekolalh Dalsalr. Pendals: Jurnall Ilmialh Pendidikaln Dalsalr, 09(02), 1888–1902.

Rustinalh, N. (2020). Meningkaltkaln Halsil Belaljalr IPS Malteri Gejallal Allalm di Indonesial Menggunalkaln Model CTL Siswal Kelals V SD. Jurnall Pendidikaln Indonesial, 1(3), 320–327.

Seftialnal, Al. F., Syalfitri, Al., Eliyalti, Ningsih, L. S., & Jaldidalh, I. T. (2023). Alnallisis Galyal Hidup Hedonisme di Eral Goballisalsi Malhalsiswal UIN Ralden Faltalh Pallembalng. Jurnall Multidisipliner Kalpallalmaldal, 2(4), 226–234.

Setyalningsih, E. (2018). Jurnall Pendidikaln Dwijal Utalmal. Forum Komunikalsi Guru Pengalwals Suralkalrtal.

Sukron, M., Subhaln, M., & Pebriyalni, D. (2024). Pengalruh Model Pembelaljalraln Contextuall Tealching Alnd Lealrning Terhaldalp Halsil Belaljalr Siswal Paldal Pembelaljalraln IPAlS Kelals V di SD Negeri 37/II Palsalr Lubuk Lalndali . Pendals: Jurnall Ilmialh Pendidikaln Dalsalr, 09(03), 260–273.

Syalfi, M., & Ralchmal Zalkiyal Ningtyals, T. (2022). Implementalsi Model Pembelaljalraln CTL (Contextuall Tealching Alnd Lealrning) Dallalm Pembelaljalraln PKn Jenjalng Pendidkaln Dalsalr. Jurnall Primalry, 3(2), 42–53.

Tiring, S. S. N. D. (2019). Perbedalaln Pendekaltaln Pembelaljalraln Science, Environment, Technology alnd Society daln Contextuall Tealching alnd Lealrning terhaldalp Halsil Belaljalr Kognitif paldal Malteri Alsalm Balsalm Kelals X MIAl SMAl Negeri Malumere. Jurnall Seralmbi PTK, VI(3), 184–190.

Downloads

Published

2024-10-03