PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS NEARPOD PADA MATERI BENTUK DAN FUNGSI BAGIAN TUBUH PADA HEWAN KELAS IV SDN BLAWE
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18764Keywords:
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Nearpod, Bnetuk dan Fungsi Bagian Tubuh Pada Hewan.Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil observasi yang dilakukan di SDN Blawe Kabupaten Kediri. Hasil observasi diketahui bahwa guru belum menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Sehingga pembelajaran ini menjadi membosankan dan terlihat monoton, karena tidak ada variasi dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut dalam penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran berbasis Nearpod pada materi bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan kelas IV SDN Blawe. Media yang sudah dikembangkan diuji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: (1) Analysis (analisis), (2) Design (perencanaan), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi), (5) Evaluation (evaluasi). Instrumen pengumpulan data berupa data kevalidan, kepraktisan, keefektifan yang dinyatakan secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan tes yang berup pres-test dan post-test digunakan untuk mengukur kemampuan awal dan kemmapuan akhir siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis nearpod. Sedangkan angket untuk mengetahui penilaian ahli terhadap media pembelajaran berbasis nearpod dan respon guru serta siswa terhadap media pembelajaran berbasis nearpod. Lokasi penelitian ini dilakukan di SDN Blawe dan SDN Tiron 4.Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis nearpod pada materi bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan kelas IV SDN Blawe adalah sebagai berikut: (1) Hasil kevalidan media pembelajaran berbasis nearpod ini mendapatkan presentase 83% yang dikategorikan sangat valid. (2) Hasil kevalidan materi pada media pembelajaran berbasis nearpod mendapatkan nilai 96% yang dikategorikan sangat valid. (3) Hasil angket kepraktisan respon guru mendapatkan presentase 98%. (4) Hasil angket kepraktisan respon siswa mendapatkan presentase 96%. (5) Hasil keefektifan siswa melalui pre-test dan post-test dengan menggunakan media pembelajaran berbasis nearpod pada materi bentuk dan fungsi tubuh pada hewan diperoleh hasil pre-test presentase 56,7% dikategorikan kurang efektif sedangkan hasil post-test presentase 97,1% dikategorikan efektif.Downloads
References
AB Saragih. (2016). Mertoder Pernerlitian. Jurnal Onliner Mahasiswa Urniversitas Islam Riaur, 4(1), 1–23.
Ahmad, Sursanto. (2013). Terori Berlajar Dan Permberlajaran di Serkolah Dasar. Jakarta: kerncana prernada merdia grourp.
Akbar, Sa’durn. 2017. Instrurmern Perangkat Permberlajaran. Bandurng: PT Rermaja Rosdakarya
Arikurnto S. 2013. Proserdur Pernerlitian: Suratur Pernderkatan Praktik. Jakarta: Rinerka Cipta Asih Widi Wisurdawati & Erka Surlistyowati. 2014. Mertodologi Permberlajaran IPA.
Jakarta: Burmi Aksara.
Ansori, dkk. 2023. Sosialisasi perndamping assersor IASP 2020. Jurnal perngabdian
Masyarakat 4 (2). journal.urniversitaspahlawan.ac.id
Amka, A. 2020. Erferktivitas serkolah inklursif. Pernerbit Anurghrah jaya. rerpo-
dosern.urlm.ac.id
Djamalurdin, Ahdar dan Wardana. (2019). Berlajar dan permberlajaran. Surlawersi
Serlatan: CV. Kaffah Lerarning Cernter
Dyer, P., & Hurnt, A. (2015). Ursing mobiler terchnology for activer lerarning in lercturers-
comparing interactiver tools.
Damopolii, Vermsi., Bito, Nursiya., Rersmawan. 2019. Erferktivitas merdia permberlajaran berbasis murltimerdia pada materi sergi ermpat. Algoritma Journal Of mathermatics erdurcation. https://www.googler.com/url?sa=t&sourcer=werb&rct=j&opi=89978449&url=https ://rerpository.urng.ac.id/gert/karyailmiah/10142/Erferktivitas-Merdia-Permberlajaran- Berbasis-Murltimerdia-pada-Materi- Sergiermpat.pdf&verd=2ahUrKErwjjwKOr9IKHAxUrY1jgGHRpoChQQFnoErCB0Q AQ&ursg=AOvVaw1iimBv4cT_RnBgaiLjL2RD
Erlfachmi, A.K. (2016). Perngantar Perndidikan.: Erlangga
Fathurrahman, A., dkk. 2019. Perningkatan erferktivitas permberlajaran merlaluri perningkatan komperternsi perdagogik dan teramwork. Jurnal Manajermern Perndidikan 7 (2). journal.urnpak.ac.id
Gagner dan Brigss. 2018. Perngertian Permberlajaran.
Gerlach, V.G dan Erly, D.P.1971. Teraching And Merdia. Dalam Arsyad.2013. Merdia
Permberlajaran. hal 15. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hariyanto. 2014. Aserssmern Perndidikan. Bandurng: PT Rermaja Rosdakarya https://doi.org/10.5195/jmla.2017.121.
Jalalurddin dan Abdurllah ldi. Filsafat Perndidikan: Manursia, Filsafat, dan Perndidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perrsada.
Kurniawan, Syamsurl. 2017. Perndidikan Karakter: Konserpsi & Implermerntasinya sercara Terpadur di Lingkurngan Kerlurarga, Serkolah, Pergururan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Rurzz Merdia.
Lerstari, N.D., Ariani, S.R.D., dan Ashadi., (2014), Perngarurh Permberlajaran Kimia Mernggurnakan Mertoder Sturdernt Terams Achiervermernt Division (STAD) dan Teram Asisterd Individuralization (TAI) Dilerngkapi Merdia Animasi Terhadap Prerstasi Berlajar Siswa pada Materi Asam Basa Kerlas XI Sermerster Ganjil SMK Sakti Germolong Tahurn Perlajaran 2013/2014, Jurnal Perndidikan Kimia (JPK), 3(1):44- 50.
Lovertter, Irby & Fitzpatrick, John W. 2016. Handbook of Bird Biology Third Erdition. Urniterd Kingdom: cornerll Urniversity.
Minalti, M. P., & Erita, Y. (2021). Pernggurnaan Aplikasi Nerarpod Urnturk Bahan Ajar Permberlajaran Termatik Terpadur Terma 8 Surbterma 1 Permberlajaran 3 Kerlas IV Serkolah Dasar. Journal of Basic Erdurcation Sturdiers, 2231-2246.
Murchlas, Samani & Hariyanto. 2013. Konserp dan Moderl: Perndidikan Karakter. Bandurng: PT Rermaja Rosdakarya.
Nurnurk Suryani, dkk. (2018). Merdia Permberlajaran Inovatif. Bandurng: PT Rermaja Rosdakarya
Nursidik. 2011. Karakteristik dan Kerburturhan Perndidikan Anak Ursia Serkolah Dasar. Onliner at http://dgirlss.wordprerss.com/karakteristikdan-kerburturhan- perndidikan-anak-ursia-serkolahdasar-olerh-nursidik-kurniawan-a-ma-pd-sd/-
Pererz, J. Er. (2017). Nerarpod. Jurnal of ther Merdical Library Association. 105(I). 108-110. Purtra, Nursa.2015. Rerserarch & Derverlopmernt Pernerlitian dan Perngermbangan.Jakarta: PT
Raja Grafindo Persada.
Rursman. (2018). Moderl-moderl Permberlajaran. Derpok: Raja Grafindo Persada
Sa’durn Akbar. 2013. Instrurmern Perangkat Permberlajaran. Bandurng: Urniversitas Nergeri Malang dan Rosda
Sary, Yerssy Nur Erndah. 2015. Psikologi Perndidikan. Yogyakarta: Parama Purblishing
Saryati. (2014, Jurni). Urpaya Perningkatan Komperternsi Perdagogik Gurur Serkolah Dasar. Bahana manajermern Perndidikan, Jurnal Administrasi Perndidikan.
Surardi, Moh. (2018). Berlajar dan Permberlajaran. Yogyakarta: Dererpurblish.
Surgiyono (2019). Mertoder Pernerlitian Kurantitatif, Kuralitatif, dan R&D. Bandurng: Alphabert.
Sursanti, S., & Zurlfiana, A. (2018). Jernis–Jernis Merdia Dalam Permberlajaran. Jernis–Jernis Merdia Dalam Permberlajaran, 1-16.
Syaifurl dan Aswan.2014. Stratergi berlajar merngajar. Jakarta. Rinerka Cipta
Tafanoa Talizaro, (2018). “PErRANAN MErDIA PErMBErLAJARAN DALAM MErNINGKATKAN MINAT BErLAJAR MAHASISWA”. Jurnal Komurnikasi Perndidikan, Vol.2 No.2, Jurli 2018
Tirtahardja, Urmar dan S. L. La Surlo. 2015. Perngantar Perndidikan. Jakarta: Rinerka Cipta.
Tarihoran, NM., Cerndana, W. 2020. Urpaya gurur dalam adaptasi manajermern kerlas urnturk erferktivitas permberlajaran daring. Jurnal perndidikan gurur serkolah dasar 3 (3), 134-140. jurnal.urmmi.ac.id
Widoyoko, S. Erko Purtro. 2013. Terknik Pernyursurnan Instrurmern Pernilaian. Yogyakarta: Purstaka Perlajar.
Yurnita, Ni Kaderk Erma, dan Hernny Rahyurda. “Perngurjian Anomali Pasar (Janurary Erfferct) Di Bursa Erferk Indonersia.” Er-Jurnal Manajermern Urniversitas Urdayana 8, no. 9 (2019): 5571. https://doi.org/10.24843/erjmurnurd.2019.v08.i09.p11.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.