IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI BANGUN DATAR TER-INTEGRASI STEM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18729Keywords:
Project-Based Learning; STEM; mathematical thinking skills; classroom action research; innovative learning. ABSAbstract
Penelitian ini mengkaji penerapan model Project Based Learning (PJBL) berbasis STEM dalam meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa kelas 1 di SDN Percobaan 2 Malang. Dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang melibatkan 25 siswa, penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas siswa dan tes evaluasi kemampuan berpikir kritis serta pemahaman materi matematika. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir matematis siswa dari siklus pertama ke siklus kedua, dengan persentase ketuntasan meningkat dari 83% menjadi 100%. Model PJBL berbasis STEM terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika serta mendorong partisipasi aktif dan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menyarankan agar model ini diterapkan lebih luas di sekolah dasar dan dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi penerapannya pada mata pelajaran lain dan jenjang pendidikan yang berbeda. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan model pembelajaran inovatif yang relevan dengan kebutuhan abad ke-21.Downloads
References
Baran, M., Baran, M., Karakoyun, F., & Maskan, A. (2021). The Influence of Project-Based STEM (PjbL-STEM) Applications on the Development of 21st-Century Skills. Journal of Turkish Science Education, 18(4), 798–815. https://doi.org/10.36681/tused.2021.104
Fitrina, T., Ikhsan, M., & Munzir, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa SMA melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Debat. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 87–95.
Hafsah Adha Diana, & Veni Saputri. (2021). Model Project Based Learning Terintegrasi Steam Terhadap Kecerdasan Emosional Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berbasis Soal Numerasi. Numeracy, 8(2), 113–127. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i2.1609
Imam Muslim, R., Akrom, M., Tri Wuryani, M., Bagus Primadoni, A., & Kusumawati, D. (2023). Pengaruh Pendekatan STEM-PJBL Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. LAMBDA : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya, 3(3), 131–139. https://doi.org/10.58218/lambda.v3i3.724
Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PJBL). Mimbar Ilmu, 25(1), 1. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24468
Nurlaeli, N., Noornia, A., & Wiraningsih, E. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 145. https://doi.org/10.24853/fbc.4.2.145-154
Octaviyani, I. S. K., & Hasanah, A. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROJECT-BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM. The Encyclopedia of Medieval Literature in Britain, 1, 1–3. https://doi.org/10.1002/9781118396957.wbemlb237
Priatna, N., Avip, B., & Mulyati Mustika Sari, R. (2022). Efektifitas Project Based Learning-STEM dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Trigonometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(2), 151–161. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i2.6588
Sohilait, E. (2021). Buku Ajar Pengantar Pendidikan. PT.RajaGrafindo Persada.
Tatang Herman, Ady Akbar, Alman, Laely Farokhah, R. F. (2024). Kecakapan Abad 21: Literasi Matematis, Berpikir Matematis, dan Berpikir Komputasi. Indonesia Emas Group.
Widana, I. W., & Septiari, K. L. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis Pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209–220. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.3031
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.