UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KERAGAMAN ALAM INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS VIII B DI SMP NEGERI 35 SURABAYA

Authors

  • Asiyatul Karimah Universitas Negeri Surabaya
  • Riyadi Sejarah FISIPOL Universitas Negeri Surabaya
  • Rustiyani IPS SMP Negeri 35 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.18606

Keywords:

Problem-Based Learning Model, Learning Outcomes, Social Studies Learning

Abstract

Riset ini dilakukan untuk mengevaluasi menerapkan Metode Problem Based Learning (PBL) di dalam memperbaiki pencapaian belajar pelajar kelas VIII di SMP Negeri 35 Surabaya. Pendekatan yang dipakai yakni “Penelitian Tindakan Kelas” (PTK). Peserta riset merupakan 33 pelajar kelas VIII di SMP Negeri 35 Surabaya. Data dikumpulkan melalui observasi pada metode mengajar, mencakup dokumen, output tes, jug aktivitas pelajar. Merencanakan, Implementasi, Pengamatan, juga Refleksi yakni bagian dari proses pembelajaran. Hasil riset memperlihatkan metode PBL bisa membantu siswa belajar di mata pelajaran IPS. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil nilai pelajar sebelum tindakan, yaitu 69,7% tuntas dan 30,3% belum sepenuhnya tuntas. Setelah penerapan model pada siklus I, tingkat ketuntasan klasikal kelas naik menjadi 75,75%, dan di siklus II meningkat lagi mencapai 90,9%.  Kata Kunci: model problem based learning, hasil belajar, pembelajaran IPS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Ombak.

Arikunto, & Suharsimin. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.

David Hopkins. (2011). Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Pustaka Pelajar.

Krismon, F. H., Zainuddin, M., & Putra, A. P. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Swishmax Materi Peristiwa Mengisi Kemerdekaan dengan Penguatan Karakter Tanggung Jawab di Kelas V. Wahana Sekolah Dasar, 28(2), 68–75. https://doi.org/10.17977/um035v28i22020p068

Radjilun, M. S., Abas, T., & Ahmad, R. (n.d.). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 TERNATE. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ilmiah, 1(1).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuntitatif Kualitataif dan R&D. Alfabeta.

Sutopo, H. B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Universitas Sebelas Maret.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana Prenada Media Group.

Yusi, S., & Idris, U. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kuantitatif. PT. Citrabook Indonesia.

Downloads

Published

2024-09-30