UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IIB SD NEGERI MODEL TERPADU MADANI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18544Keywords:
Kepercayaan diri, Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL), Media InteraktifAbstract
Didalam penelitian ini peneliti memiliki beberapa aspek pokok bahasan yang dituju, yaitu (1) Mengetahui bagaimana proses dalam menerapkan pembelajaran Problem Based Learning dan media interaktif, (2) Pengaruh terhadap kepercayaan diri dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model Problem Based Learning dan media Interaktif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IIB Sekolah Dasar Negeri Model Terpadu Madani yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan model siklus Kemmis dan MC. Tagart. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan teknik non tes. Instrumen penelitian dengan menggunakan butir soal dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian, persentase kepercayaan diri siswa meningkat dari Siklus I dan Siklus II masing-masing sebesar 63,25% dan 90,25%. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar Bahasa Indonesia menunjukkan perkembangan dari Pra-Siklus, Siklus I, dan Siklus II masing-masing sebesar 36,6%, 66,6%, dan 90%. Oleh karena itu, penerapan model Problem Based Learning dan media interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri dan hasil belajar siswa kelas IIB di Sekolah Dasar Negeri Model Terpadu Madani. Model Problem Based Learning dapat mendukung siswa dalam bekerja sama dalam kelompok dan memanfaatkan informasi untuk mencari solusi atas masalah. Di sisi lain, media interaktif dapat meningkatkan motivasi siswa dengan menjadikan proses belajar lebih menarik dan partisipatif.Downloads
References
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35.
Amri,S.(2018).Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis ekstrakurikuler pramuka terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156-170.
Awaliyani, SAAKU, Ummah, AK, & Jember, NI (2021). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Kegiatan Muhadhoroh. Jurnal Pendidikan Guru Indonesia , 2 (1),246-252.
Dewi, T. A., & Wardani, N. S. (2019). Peningkatan hasil belajar tematik melalui pendekatan problem based learning siswa kelas 2 SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 2(1),
Nurani, Sunarto, & Wardani, D. K. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Surakarta. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(1),1–13.
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3).
Salsabila, U. H., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan motivasi pembelajaran daring di sekolah dasar. INSANIA:Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284-304.
Shoimin, Aris. (2014). 68 Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Berbicara sebagai Suatu KeterampilanBerbahasa.Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.