IMPLEMENTASI PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS KERAGAMAN ALAM INDONESIA PADA PEMBELAJARAN IPS

Authors

  • Erli Ananda Runikasari Universitas Negeri Surabaya
  • Nuansa Bayu Segara Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Murwanti SMP Negeri 1 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.18476

Keywords:

culturally responsive teaching (CRT), discovery learning, learning outcomes

Abstract

This study examines the implementation of the Discovery Learning model based on Culturally Responsive Teaching (CRT) to enhance students' analytical skills regarding Indonesia's natural diversity in Social Studies at SMP Negeri 1 Surabaya. The combination of CRT and Discovery Learning is expected to link the material with students' cultural backgrounds, improving their engagement and understanding. This Classroom Action Research was conducted in two cycles, with two learning sessions in each cycle. Data were collected through observation and tests, showing an increase in learning mastery from 48.57% in the first cycle to 85.71% in the second cycle. These results confirm the effectiveness of this method in enhancing students' understanding.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, I. (2019). Penerapan Culturally Responsive Teaching dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 123-135.

Ariawati, N. (2021). Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Budi, A. (2021). Dampak Model Discovery Learning dan CRT terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan dan Kurikulum, 88-99.

Budi, S., & Setiawan, H. (2018). Efektivitas Penajaran Responsif Terhadap Budaya dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 45-58.

Dewi, A. (2020). Model Discovery Learning dan Dampaknya terhadap Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Kreatif, 75-84.

Dinata, R. (2022). Strategi Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 25-34.

Fitriana, F. (2023). Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Junaedi, M. (2022). Kombinasi Discovery Learning dan Pendekatan Budaya dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 89-101.

Kurniawan, D. (2022). ntegrasi Discovery Learning dengan Culturally Responsive Teaching untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Studi Pendidikan, 311-322.

Machali, M. (2024). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 24-35.

Purnama, T. (2021). Kualitas Pembelajaran melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jurnal Pendidikan Berkualitas, 200-215.

Putri, E. (2021). Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 125-136.

Rizki, N. (2022). Penerapan Culturally Responsive Teaching dan Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Terapan, 105-118.

Salma, I. (2024). Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Konteks Pendidikan Modern. Jurnal Inovasi Pendidikan, 45-57.

Sari, R. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Budaya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 89-101.

Segara, N. B. (2016). Pentingnya Pemahaman Jati Diri Keilmuan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 50–59.

Sulaiman, M., & Aminah, L. (2021). Pengaruh Culturally Responsive Teaching terhadap Pemahaman dan Analisis Keragaman Alam dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Indonesia, 201-215.

Telaumbanua, I. (2023). Evaluasi Keberhasilan dalam Penelitian Tindakan Kelas : Kriteria Proses dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 120-135.

Teman, R., & Harsono. (2022). Motivasi dan Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran IPS melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jurnal Penelitian Indonesia, 89-104.

Widodo, S., & Yuniarti, P. (2020). Integrasi Konteks Budaya dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Pemahaman Keragaman Alam. Jurnal Pendidikan dan Budaya, 75-90.

Widolaksono, S., Utami, S., & Hadi, P. (2023). Efektivitas Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 123-135.

Yuliana, M. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 123-124.

Downloads

Published

2024-11-28