PENGGUNAAN GAME FUN MATH PROFICIENT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SDN LAKARSANTRI II/473 SURABAYA

Authors

  • Ardina Fitria Ningtiyas Universitas Negeri Surabaya
  • Asri Susetyo Rukmi PPG PGSD, FIP, Universitas Negeri Surabaya
  • Mymin Putri Muldash SDN Lakarsantri II/473 Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18408

Keywords:

media pembelajaran, hasil belajar, matematika, kelas 2

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas II SDN Lakarsantri II/473 Surabaya dalam pembelajaran matematika materi pecahan melalui penggunaan Game Fun Math Proficient sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas II SDN Lakarsantri II/473 Surabaya yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Game Fun Math Proficient dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II pada mata pelajaran matematika materi pecahan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar peserta didik dari siklus I sebesar 67,86% menjadi 89,29% pada siklus II. Dengan demikian, penggunaan Game Fun Math Proficient dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Fun Math Proficient, Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

REFERENSI

Enstein, J., Bulu, V. R., & Nahak, R. L. (2022). Pengembangan media pembelajaran game edukasi bilangan pangkat dan akar menggunakan Genially. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 101-109. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.150.

Fahlevi, R., & Yuliani, A. (2021). Pengembangan Game Edukasi Cermat Berbasis Android untuk Meningkatkan Keterampilan Problem Solving Siswa SMA Pada Materi Barisan dan Deret Geometri. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4 (5), 1191–1204. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1191-1204.

Hrp, Nurlina A., et al. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Edited By Rismawati, N. Cv Widina Media Utama.

Isnaeni, N., & Hildayah, D. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148-156. https://dx.doi.org/10.46799/jurnal%20syntax%20transformation.v1i5.69.

Lindha, F., & Awaliyah, S. (2021). Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media (PASIPUT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Kelas III SDN 6 Dampit. http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2545.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia.71(1),63–71. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813.

Ningtiyas, A. F., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2024). Pengembangan Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV (Doctoral Dissertation, Stkip Pgri Pacitan).

Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi pendidikan: efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di era digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19-28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702.

Ramadhan, A., & Nadhira, A. (2022). Penelitian tindakan kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran dengan berbasis kearifan lokal dan penulisan artikel ilmiah sesuai dengan kurikulum tahun 2013 di madrasah tsanawiyah darul hikmah medan. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 121-128. https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.632.

Tisngati, Urip (2022). Edukasi Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pedagogik Kratif Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Abdimas tahun 2022, 1. Hlm. 150-158. ISSN 29648556.

Wahab, A.dkk. (2021). Media Pembelajaran Matematika. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Zulfiati, H. M., Rahim, A., Handoyono, N. A., & Pambayun, A. M. B. (2021). Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Dewantara, 4(2), 121-128.

Downloads

Published

2024-09-30