INOVASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MELALUI LITERASI DIGITAL BAGI MAHASISWA PRODI PGMI UNIVERSITAS NURUL JADID
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18391Keywords:
blended learning; literasi digital; efektivitas pembelajaranAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh literasi digital terhadap efektivitas pembelajaran blended learning di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Nurul Jadid. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya literasi digital dalam mendukung proses pembelajaran di era digital yang semakin berkembang. Fokus penelitian ini adalah mengidentifikasi sejauh mana literasi digital mahasiswa memengaruhi keberhasilan mereka dalam mengikuti pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan melibatkan mahasiswa semester IV dan VI sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner untuk aspek kuantitatif dan wawancara untuk aspek kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara literasi digital mahasiswa dengan tingkat pemahaman dan adaptasi mereka terhadap platform pembelajaran online. Mahasiswa dengan literasi digital yang lebih tinggi menunjukkan hasil akademik yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang memiliki literasi digital rendah. Simpulan utama dari penelitian ini adalah bahwa literasi digital merupakan faktor penting dalam keberhasilan implementasi pembelajaran blended learning. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan program pelatihan literasi digital yang lebih komprehensif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di institusi pendidikan. Temuan ini juga mengindikasikan perlunya penelitian lebih lanjut dengan cakupan yang lebih luas untuk memperdalam pemahaman mengenai dampak literasi digital dalam berbagai konteks pendidikan.Downloads
References
Ababiel, N. Y., Rohim, M. M., & Saefudin, A. (2023). Penerapan Teknologi Gadget Dalam Pendidikan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 7(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5913
Abrosimova, G., Kondrateva, I., Voronina, E., & Plotnikova, N. (2019). Blended learning in university education. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(6). https://doi.org/10.18510/hssr.2019.762
Akbar, R., Sukmawati, U. S., & Katsirin, K. (2024). Analisis Data Penelitian Kuantitatif. Jurnal Pelita Nusantara, 1(3). https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i3.350
Assya’bani, R., & Majdi, M. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Pasca Covid-19 Berdasarkan Pembelajaran Abad 21. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(2). https://doi.org/10.35931/aq.v16i2.903
Azhari, D. S., Afif, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Mixed Method Research untuk Disertasi. INNOVATIVE: Journal Social Science Research, 3(2).
Baso, F., Alfiani, A., Ramadani, A. N., & Mukhtar, N. A. (2023). Pengaruh Metode Blended Learning terhadap Keefektivitasan Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Jurnal MediaTIK, 6(2). https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i2.46019
Doyle, W. (2023). Pasi Sahlberg. In The Palgrave Handbook of Educational Thinkers. https://doi.org/10.1007/978-3-030-81037-5_185-1
Hariyadi, H. (2023). Tranformasi Digital Madrasah Untuk Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan Di Mts Al Kaustar Kota Depok. Jurnal Minfo Polgan, 12(1). https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12314
Haryono, E. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaaan Islam. E-Journal an-Nuur: The Journal of Islamic Studies, 13.
Janssen, P. J., van Houdt, R., Moors, H., Monsieurs, P., Morin, N., Michaux, A., Benotmane, M. A., Leys, N., Vallaeys, T., Lapidus, A., Monchy, S., Médigue, C., Taghavi, S., McCorkle, S., Dunn, J., van der Lelie, D., & Mergeay, M. (2010). The complete genome sequence of Cupriavidus metallidurans strain CH34, a master survivalist in harsh and anthropogenic environments. PLoS ONE, 5(5). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0010433
Kuusela, A., Ala-Mutka, L., Nikkila, A. J., Peltoketo, S., & Rauhala, T. (2022). Flexible Connection Concept and Planning Studies for its Piloting in a Transmission System. IEEE PES Innovative Smart Grid Technologies Conference Europe, 2022-October. https://doi.org/10.1109/ISGT-Europe54678.2022.9960358
Nikolopoulou, K., & Zacharis, G. (2023). Blended Learning in a Higher Education Context: Exploring University Students’ Learning Behavior. Education Sciences, 13(5). https://doi.org/10.3390/educsci13050514
Nur, A. M., Nasrah, N., & Amal, A. (2022). Blended Learning: Penerapan dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi PGSD. Jurnal Basicedu, 6(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2189
Nurgiyantoro, B., & Efendi, A. (2017). Re-actualisation of puppet characters in modern Indonesian fictions of the 21st century. In 3L: Language, Linguistics, Literature (Vol. 23, Issue 2). https://doi.org/10.17576/3L-2017-2302-11
Puspitasari, N., Mufidah, A., Khusna, K., & Suroso, I. (2024). Pendampingan Pembelajaran Metode Penelitian Gabungan (Mixed Method) di IAIS Lujang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 3(1).
Rahmawati, F. A., & Purwaningrum, J. P. (2022). Penerapan Teori Vygotsky dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 4(1). https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i1.349
Retnowati, A., Rugayah, Rahajoe, J. S., & Arifiani, D. (2019). Status Keanekaragaman Hayati Indonesia : Kekayaan Jenis Tumbuhan Indonesia. In LIPI Press.
Rudhumbu, N. (2022). Applying the UTAUT2 to predict the acceptance of blended learning by university students. Asian Association of Open Universities Journal, 17(1). https://doi.org/10.1108/AAOUJ-08-2021-0084
Saidi, E., Hamengkubuwono, & Harmi, H. (2022). Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Era Digital. TADBIR MUWAHHID, 6(1). https://doi.org/10.30997/jtm.v6i1.5307
Schunk, D. H., & DiBenedetto, M. K. (2020). Education from: Handbook of Motivation at School Routledge Accessed on. Handbook of Motivation at School, 11531.
Setiawan, A. A., Muhtadi, A., & Hukom, J. (2022). Blended Learning and Student Mathematics Ability in Indonesia: A Meta-Analysis Study. International Journal of Instruction, 15(2). https://doi.org/10.29333/iji.2022.15249a
Suardipa, I. P. (2020). Sociocultural-Revolution Ala Vygotsky Dalam Konteks Pembelajaran. Jurnal Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).
Takona, J. P. (2024). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches / sixth edition. In Quality and Quantity (Vol. 58, Issue 1). https://doi.org/10.1007/s11135-023-01798-2
TURHAN, F. H. (2023). Perceptions of the Effect of Digital Literacy Levels of who Take Sports Education Students on E-Learning. International E-Journal of Educational Studies, 7(15). https://doi.org/10.31458/iejes.1334164
Wahyuni, Y., Fauzan, A., Yerizon, Y., & Musdi, E. (2022). Analisis Literasi Digital Mahasiswa dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1737
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1).
Widyastika, A. R., & Agustina, M. T. (2022). Blended learning dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Nasional Karangturi Pada Masa Pandemi Covid-19. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(3). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i3.8585
Yu, T., Dai, J., & Wang, C. (2023). Adoption of blended learning: Chinese university students’ perspectives. Humanities and Social Sciences Communications, 10(1). https://doi.org/10.1057/s41599-023-01904-7
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.