PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN 02 TIMPEH

Authors

  • Aprimadedi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Dharmas Indonesia
  • Yulia Darniyanti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Dharmas Indonesia
  • Tiyas Seftriyani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18353

Keywords:

Learning Outcomes, Learning Model, TAI

Abstract

  Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang belum memperlihatkan kemajuan yang menarik dan belum mampu mendorong partisipasi aktif dari siswa. Situasi ini secara langsung berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika yang masih tergolong rendah. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif dan menarik guna meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi seberapa besar pengaruh model pembelajaran tipe Time Assited Individulization (TAI) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 02 Timpeh. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian True Eksperimental, dengan bentuk Posttest Only Control Design. Lokasi penelitian dilakukan di SDN 02 Timpeh, Kecamatan Timpeh, Kabupaten Dharmasraya. Sampel penelitian terdiri dari 36 siswa yang merupakan seluruh siswa kelas V. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 butir, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 90.55 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 41.66. Deskripsi data hasil penelitian dari analisis data posttest, dengan menggunakan uji Independen Sample Test menunjukan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dari kriteria ketentuan jika signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Time Assited Individulization (TAI) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 02 Timpeh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Makhrus, M, dkk. (2022). Metologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya Dalam Penelitian. Vol. 2, No. 2.

Mirdad, Jamal. (2020). Model-model pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran) . Vol. 2, No. 1. Hal 14-23

Rahayu, Sri. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Keterampilan Menyimak Murid Sekolah Dasar. Vol. 1, No. 5.

Rahmawati, R. D., & Mahmudi, A. (2014)keefektifan pembelajaran Kooperatif stad dan tai ditinjau dari aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa. Vol. 2, No. 1, Hal. 102-115.

.

Suparlan. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia I Sekolah Dasar. Vol. 4, No. 2, Hal. 245-258.

Trianto.(2017) Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta:PT Bumi Aksara

Novelita, & Darmansyah. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Sisiwa pada Kurikulum Merdeka Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di kelas VI Sekolah Dasar. Iurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 08(8), 14–20.

Wahyudin, Muhammad, dan Juli Amalia Nasucha. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa mata Pelajaran PAI. Vol. 1, No. 1, Hal. 43-63.

Downloads

Published

2024-09-02