KOMPARASI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DAN TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18338Keywords:
Model TTW, Model TPS, Kemampuan Komunikasi MatematisAbstract
Penelitian ini membahas tentang Komparasi Model Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Tipe Think Pair Share ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Kelas V SD Gugus II Kecamatan Somba Opu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan kemampuan komunikasi matematis siswa ketika menggunakan model Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dengan Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan Counterbalanced Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus II kecamatan Somba Opu dan sampel yang dipilih adalah Siswa Kelas V SD Inpres Pabangiang berjumlah 56 Orang dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang terdiri dari 2 butir soal uraian dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif dan statistic inferensial. Hasil penelitian Kemampuan Komunikasi Matematis diperoleh nilai sig. 0,027<0,05 sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model TTW dengan siswa yang diajar menggunakan model TPS.Downloads
References
Ariska, C., MZ, Z. A., & Bakhtiar, N. (2022). Pengaruh Model Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V Sdn 61 Dan Min 3 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 403. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8827
Nadhiroh, H., Jamiah, Y., & Yani, A. (2020). Model pembelajaran TTW dan TPS terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dalam materi bangun datar. Jurnal Pendidikan Dan …, 1–14. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11286%0Ahttps://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11286/10703
Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145–6154. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3183
Nurhasanah, R. A., Waluya, S. B., & Kharisudin, I. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 2017, 769–775.
Roisah, R., Kusrina, T., & Porwanto, B. E. (2023). Model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS. Journal of Education Research, 4(3), 1481–1487.
Rustiana, R., Jana, P., & Susilowati, D. (2021). Keefektifan Think-Talk-Write (Ttw) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 233. https://doi.org/10.31941/delta.v9i2.1412
Suaidah, E., & Pasaribu, L. H. (2022). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps). AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 11(2), 127. https://doi.org/10.30821/axiom.v11i2.11331
Zain, B. P. ; A. R. (2021). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3668–3676. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.