IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Puji Rahayu Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Berpikir Kritis, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pagesangan Surabaya dengan subjek siswa kelas III SD pada tahun ajaran 2024/2025, melibatkan 29 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dari Juli hingga Agustus 2024 melalui dua siklus, mengikuti model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data tes dan non-tes. Siswa dikelompokkan dalam lima kelompok berdasarkan kemampuan: kelompok 1 mendapat bimbingan intensif, kelompok 2 dan 3 bimbingan sedang, sedangkan kelompok 4 dan 5 hanya dikonfirmasi dan dimotivasi. Model Problem Based Learning (PBL) diterapkan dalam siklus, meliputi orientasi permasalahan, organisasi, bimbingan, pengembangan, dan evaluasi. Hasil mencakup penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan berpikir kritis siswa: skor rata-rata meningkat dari 65,2 pada Pra Siklus menjadi 75,5 pada Siklus I dan 89,6 pada Siklus II. Media pembelajaran yang digunakan, seperti “kalkulator matematika” dan kuis, efektif dalam mendukung kerjasama kelompok dan keterampilan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitria, M., Handayani, D., & Pratama, R. (2023). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Hasil Belajar Siswa di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(1), 45-58.

Hassan, F., & Pratama, Y. (2022). Kesulitan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 22(1), 89-101.

Kusuma, H., & Yusuf, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(3), 45-59.

Prabowo, A., & Lestari, E. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Permainan terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Anak, 19(4), 78-89.

Sari, D. P., Nugroho, A. S., & Lestari, I. A. (2023). Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia: Pendekatan Berbasis Penilaian Kebutuhan dan Teknologi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 10(2), 112-123.

Wulandari, E., & Sumarni, S. (2019). Strategi Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD melalui Pembelajaran Berbasis Proyek dan Diskusi Kelompok. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 12(1), 45-58.

Downloads

Published

2024-12-25