PENGARUH SELF CONFIDENCE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.18244Keywords:
self-confidence, indonesian language learning resultsAbstract
The aim of this research is to determine the effect of self-confidence on student learning outcomes. The subjects of this research were class V of State Elementary School 01 Kertayasa, Sindangagung District, Kuningan Regency, Academic Year 2024/2025 with a sample size of 30 respondents. Research data was obtained using a questionnaire for the self-confidence variable and multiple choice test questions for the Indonesian language learning outcome variable. The results of the research show a correlation equation of 0.60 and a coefficient of determination of 0.366 and the tcount of 5.98 is greater than the ttable of 2.00 with a real level of 0.05 which means it is significant. Based on the results of this research, it can be concluded that there is an influence between self-confidence on the Indonesian language learning outcomes of class V students.Downloads
References
Ali, Muhammad. 2020. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar.” PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1):35–44. doi: 10.31851/pernik.v3i2.4839.
Andriani, Rike, and Rasto Rasto. 2019. “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4(1):80. doi: 10.17509/jpm.v4i1.14958.
Aprilia Afifah, Dewi Hamidah, and Irfan Burhani. 2022. “Studi Komparasi Tingkat Kepercayaan Diri (Self Confidence) Siswa Antara Kelas Homogen Dengan Kelas Heterogen Di Sekolah Menengah Atas.” Happiness, Journal of Psychology and Islamic Science 3(1):44–47. doi: 10.30762/happiness.v3i1.352.
Dasem, A. A., Laka, B. M., & Niwele, A. (2018). 2018. “Peranan Guru Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD Inpres Komboi Kabupaten Biak Numfor. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 126-136.” Peranan Guru Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD Inpres Komboi Kabupaten Biak Numfor. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 126-136. 126–36.
Dewi, Tiara Kusnia, and Rina Yuliana. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar.” Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 9(1). doi: 10.24176/re.v9i1.2804.
Hamzah, Muhammad Zuhdy, and Muhamad Alfi Khoiruman. 2021. “Problematik Pendidikan Bahasa Indonesia Kajian Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Sekolah Dasar.” Jurnal Syntax Transformation 2(06):843–48. doi: 10.46799/jst.v2i6.307.
Hanafia, Adika, Wiryanto, Rooselyna Ekawati, and Hendratno. 2021. “Penerapan Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kepercayaan Diri Siswa.” Jurnal Education and Development 9(4):354–61.
Kustiani, Lilik, and Lilik Sri Hariani. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa.” 12(1):14–22.
Leni, Marlina, and Sholehun. 2021. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong.” Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 2(1):66–74.
Magdalena, Mariam. 2018. “Melatih Kepercayaan Diri Siswa Dalam Menyatakan Tanggapan Dan Saran Sederhana Melalui Penguatan Pujian Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP) 1(2):237–45. doi: 10.31539/kibasp.v1i2.282.
Maksum, Ali. 2018. “Buku Ajar Metedologi Penelitian Dalam Olahraga.” UNESA 09:71–77.
Nurrita, Teni. 2018. “Kata Kunci : Media Pembelajaran Dan Hasil Belajar Siswa.” 03:171–87.
Pangestu, Chairunnisa, Hieronimus Sujati, and Herwin Herwin. 2020. “Pengaruh Self Efficacy Dan Pengasuhan Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Siswa.” Foundasia 11(1):35–42. doi: 10.21831/foundasia.v11i1.32600.
Rizky Asrul Ananda, Mufidatul Inas, and Agung Setyawan. 2022. “Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya 1(1):83–88. doi: 10.55606/jpbb.v1i1.836.
Silvia Citra Linda dan Hadiyanto. 2019. “Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 3(2):524–32.
Simamora, Tohol, Edi Harapan, and Nila Kesumawati. 2020. “Faktor-Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 5(2):191. doi: 10.31851/jmksp.v5i2.3770.
Somayana, Wayan. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode PAKEM.” Jurnal Pendidikan Indonesia 1(3):350–61. doi: 10.36418/japendi.v1i3.33.
Suharsimi, Ari. 2006. “Metodelogi Penelitian.” Yogyakarta: Bina Aksara.
Syafii, Maulana Syafii, Irfai Fathurohman, and Much Arsyad Fardani. 2022. “Metode Pelatihan Teater Untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 6(1):88–96. doi: 10.23887/jppp.v6i1.44954.
Syihabudin, Syahna Apriani, and Trisna Ratnasari. 2020. “Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Pada Anak Usia Sekolah Dasar.” Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan) 2(1):21–31. doi: 10.52005/belaindika.v2i1.26.
Wardarita, Harlina; Ratu. 2020. “PERAN PEMBELAJARAN BAHASA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR Harlina 1) Ratu Wardarita 2) 1).” Jurnal Bindo Sastra 4(1):63–68.
Widyaningrum, Atik, and Enung Hasanah. 2021. “Manajemen Pengelolaan Kelas Untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah 6(2):181–90. doi: 10.34125/kp.v6i2.614.
Yanti, Prima Gusti, and Dian restu Fauzyah. 2016. “Pengaruh Tingkat Kepercayaan Diri (Self Confidence) Terhadap Kemampuan Membaca Puisi.” Lingua 12(2):133–40.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.