PENGARUH DISCOVERY LEARNINGTERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENJAS KELAS VIII STUDI KASUS DI SMPN 2 KARAWANG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18162Keywords:
Kata Kunci: discovery learning, aktivitas belajar, pendidikan jasmani, SMPN 2 Karawang Barat, Eksperimen kuantitatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model discovery learning terhadap aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani di kelas VIII SMPN 2 Karawang Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII dengan sampel sebanyak 80 siswa yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui angket dengan 44 butir pernyataan menggunakan skala Likert 1-4. Analisis data melibatkan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan paired sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan antara pre-test dan post-test dengan rata-rata skor pre-test 104,79 dan post-test 134,70. Uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, dan uji homogenitas mengonfirmasi bahwa data pre-test dan post-test bersifat homogen. Uji hipotesis menghasilkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000, yang menandakan adanya perbedaan signifikan antara variabel awal dan akhir. Kategori hasil menunjukkan bahwa 0% siswa berada dalam kategori rendah, 47,5% dalam kategori sedang, dan 52,5% dalam kategori tinggi. Kesimpulannya, model discovery learning terbukti efektif meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pendidikan jasmani di SMPN 2 Karawang Barat. Saran yang diberikan mencakup penerapan metode ini untuk mendorong siswa belajar lebih giat, serta sebagai referensi bagi kepala sekolah dan guru untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran.Downloads
References
Amaliyah, S. (2021). Konsep pendidikan keluarga menurut Ki Hadjar Dewantara. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(9), 1766–1770.
Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusa, 4(3), 2191.
Mudzakir, D. O. (2020). Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Penjas Kelas V Sekolah Dasar Negeri Dadap 2 Indramayu. Jurnal MAENPO: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 10(1), 44. https://doi.org/10.35194/jm.v10i1.941
Mustafa, P. S. (2022). Peran Pendidikan Jasmani untuk MewujuMustafa, P. S. (2022). Peran Pendidikan Jasmani untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984dkan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.
Sulolipu, A. A., Yahya, M., Rismawanti, E., & Anas, M. (2023). Model Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 1(5), 730–737. https://doi.org/10.59407/jpki2.v1i5.118
Wiguna, S., & Alawiyah, N. (2022). Implementasi Metode Discovery Learning Dalam Pembelajaran Daring Akidah Akhlak Di Kelas VII MTS Ikaba Paluh Manis. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(9), 981–988. https://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/1435%0Ahttps://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/download/1435/984
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.